Dewan Kecewa Rio Haryanto Tak Lagi Berlaga di Formula I

Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra pun tak bisa menyembunyikan kekecewaannya tatkala mendengar kabar perjuangan pebalap kebanggan Indonesia, Rio Haryanto, tak bisa lagi berlaga di ajang balap Formula 1.

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Kiprah pembalap kebanggaan Indonesia itu harus berakhir setelah tim yang menaunginya selama ini, Manor Racing Team, memutuskan tidak melanjutkan kontrak. Keputusan tersebut terpaksa diambil tim balapan asal Inggris tersebut pada seri ke 11 F1 Jerman lalu. Dikabarkan, manajemen Rio belum melunasi pembayaran atas keikutsertaan di ajang jet darat tersebut.

“Keputusan ini menjadi potret buram dunia olahraga Indonesia. Seolah membuktikan negara ini tidak mampu menolong atlet yang membawa nama bangsa ke pentas dunia,” sesal Sutan di sela-sela rapat dengan PNRI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Demokrat: Jika RUU HIP Bertujuan Mulia, Enggak Mungkin Rakyat Bereaksi

Politisi F-Gerindra itu menambahkan, nasib Rio Haryanto merupakan korban dari permainan pencitraan pemerintah yang berlebihan. Ia menilai, Menteri Pemuda dan Olahraga ingin tampil jadi pahlawan, tapi tidak memperhitungkan regulasi keuangan negara.

“Dulu beberapa BUMN telah bersepakat untuk mendanai Rio Haryanto untuk berlaga di ajang balap F1, kalkulasi pendanaan yang dikumpulkan pun lebih dari cukup untuk membalap satu musim,” jelas politisi asal dapil Jambi itu.

Tidak Virtual DPR Rapat dengan Menhan Prabowo dan Panglima TNI

Namun, tambah Sutan, rencana ini berantakan ketika pemerintah berencana mengambil alih pendanaan lewat APBN. Namun kala itu, APBN telah di tetapkan, sehingga tak ada dasar hukum untuk memasukan pos ini ke anggaran Menpora. Akibatnya BUMN tak jadi membiayai. Ironisnya, pemerintah pun lepas tangan.
 
“Kejadian yang di alami Rio Haryanto merupakan anomali dari usaha promosi yang sedang di lakukan pemerintah. Tahun ini saja kita menghabiskan satu triliun rupiah untuk promosi pariwisata Indonesia, sementara untuk mendanai balapan yang di tonton milyaran penduduk dunia di ratusan negara kita tidak mampu, padahal dengan adanya Rio Haryanto di ajang F1 merupakan promosi yang luar biasa bagi Indonesia,” ujar Sutan. (www.dpr.go.id)

Larissa Chou

Larissa Chou Diisukan akan Dinikahi Rio Haryanto, Ini Mulanya

Netizen tiba-tiba ramai mendoakan Larissa Chou segera dinikahi pebalap, Rio Haryanto. Mengapa bisa demikian?

img_title
VIVA.co.id
22 September 2022