Tak Dukung Agus-Sylviana, 4 Kader Demokrat Bakal Kena Sanksi

Politikus Demokrat Ruhut Sitompul dan Hayono Isman
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, Komite Pengawas (Komwas) dan Dewan Kehormatan (Wanhor) akan segera mengambil keputusan atas sikap kader partai berlambang Mercy yang dinilai melanggar Anggaran Dasar (AD)/ Anggaran Rumah Tangga (ART) partai. 

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

"Komite pengawas dan dewan kehormatan memang akan ambil sikap kepada beberapa orang, tidak hanya Ruhut. Juga Hayono Isman. Ada 4 kalau tak salah, 3-4 nama," ujar Roy kepada VIVA.co.id, Minggu malam, 2 Oktober 2016.

Dua kader Partai Demokrat, Ruhut Sitompul dan Hayono Isman dianggap membelot karena mendukung pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang bukan diusung partainya.

AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK

Ruhut dan Hayono diketahui mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Djarot Syaiful Hidayat. Sementara, Partai Demokrat sendiri mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. 

Namun, Roy enggan membeberkan waktu pasti dijatuhkannya sanksi tersebut. "Waktunya terserah komite pengawas dan dewan kehormatan. Di mana pun partainya (kader) harus ikuti pakta integritas dan itu jelas. Demokrat sudah tegas, di pakta integritas ada. Masalahnya kembali ke orangnya. Itu (Ruhut) tak jelas, tak usah diurusin," ujar Roy.

Demokrat Hormati Langkah Megawati Ajukan Amicus Curiae ke MK

Roy menyebutkan, seharusnya kader yang membelot mencontoh sikap Boy Sadikin yang memilih mundur sebagai kader PDIP karena berbeda pandangan, mendukung pasangan calon lain di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. "Kalau tak lurus ikuti partai, lebih baik ya undur diri. Boy Sadikin salut saya, itu satria, gentle. Publik bisa menilailah," kata Roy.


 

Prabowo Subianto dan AHY

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

AHY mengaku Partai Demokrat akan men-support pertimbangan Prabowo untuk kebaikan ke depan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024