Hanura: Partai Butuh 1 Triliun per Tahun

sorot kampanye hanura 2014 - Kampanye Partai Hanura di Bali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPR, Dadang Rusdiana, menilai kenaikan dana partai politik harus dilakukan secara pelan-pelan. Walaupun menurutnya dana parpol saat sekarang masih jauh dari apa yang dibutuhkan oleh partai politik.

Siap-siap Gaduh Gara-gara Reshuffle Kabinet

"Cuma karena kondisi keuangan negara belum baik ya kita harus lakukan bertahap," kata Dadang di Senayan, Jakarta, Jumat 7 Juli 2017.

Hanura telah melakukan kajian mengenai besaran dana parpol yang dibutuhkan. Yakni membutuhkan sekurang-kurangnya Rp1 triliun per tahun.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

"Pernah kita melakukan diskusi setidaknya masing-masing parpol untuk memenuhi kebutuhan pokoknya masing-masing Rp1 triliun per tahun. Kemudian baru ada bantuan yang didasarkan perhitungan suara," ujar Dadang.

Yang jelas, menurut Dadang, perlu ada aturan yang lebih ketat lagi untuk mengawasi penggunaan dana parpol, jika nanti dinaikkan. Parpol pun harus terus melaporkan penggunaan dananya.

Parpol Diingatkan Tak Usung Eks Pengguna Narkoba di Pilkada

"Jangan sampai ada yang bilang, ini parpol merampok uang lagi. Karena kalau dibantu lebih besar, parpol bisa diperiksa karena menggunakan APBN," kata dia. (one)

Pengacara dan anggota DPR dari PDIP, Henry Yosodiningrat.

Ketum Granat: Partai Jangan Usung Mantan Pecandu Narkoba di Pilkada

Mantan pecandu narkoba berpotensi kambuh.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020