Ketimbang Pindah Ibukota, Jokowi Diminta Penuhi Janji Dulu

Presiden Jokowi dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA.co.id - Wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke Palangkaraya masih menjadi bahan perdebatan. Ketua MPR Zulkifli Hasan mengakui kepadatan Jakarta menjadi alasan pemindahan, namun dia menyarankan hal itu tidak dilakukan dalam waktu dekat ini.

Buka Musrenbangnas 2024, Jokowi Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Seirama dengan Pusat

"Memang Jakarta pusat bisnis yang begitu padat, wajar ya kalau pindah. Cuma kapan-kapan ya, tahun depan kan sudah tahun politik," kata Zulkifli ketika ditemui di Bandar Lampung, Minggu 9 Juli 2017.

Zulkifli berharap pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla fokus memenuhi janji-janji kampanyenya terlebih dahulu di sisa waktu pemerintahan yang ada. Ketimbang soal pemindahan ibukota.

Bikin Kaget, Jokowi Tiba-tiba Hampiri Wartawan dari Belakang

"Saya berharap Presiden Jokowi-JK bisa memenuhi janji-janji kampanyenya, infrastruktur Jawa Sumatera, powerplan, listrik, irigasi, kemudian tahun ini akan mengurangi kemiskinan," ujar Zulkifli.

Menurut Zulkifli, pemindahan ibukota juga akan mengeluarkan biaya yang sangat besar. Karena itu dia menyarankan pemindahan dilakukan di saat ekonomi tengah baik.

Resmikan Pendidikan Dokter Spesialis, Jokowi: Banyak Keluhan dari Daerah

"Saya kira kalau APBN sudah bagus, pajak sudah bagus, nanti ada saatnya lah," kata Zulkifli.

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Presiden Jokowi memberikan sejumlah evaluasi atas penyelenggaraan mudik Lebaran 2024 lalu dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, hari ini Senin, 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024