Khofifah: Kiai Sarankan Wakil Saya Santri Nasionalis

Khofifah Indar Parawansa bersama kiai pendukungnya di Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Minggu (15/10/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Bakal calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan saat ini dukungan pencalonannya masih terus berproses. Khofifah juga mengaku didukung oleh banyak kiai yang ada di Jawa Timur.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

"Dari area Pacitan, Madura dan dari Pantura. Dari Situbondo, mereka sih memberikan support biar bersama-sama," kata Khofifah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Oktober 2017.

Khofifah mengatakan para kiai yang tergabung dalam Tim Sembilan juga telah menyarankan agar Khofifah memilih calon wakilnya seorang santri nasionalis. Meskipun tidak disebutkan siapa yang masuk kriteria santri nasionalis itu.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

"Intinya adalah kalau mau mencari calon wakil itu diminta oleh para kiai, santri nasionalis. Itu sejak semula saya juga komunikasikan dengan partai-partai yang insya Allah berproses di Jawa Timur. Saya menyampaikan kepada partai, izinkan saya meminta pertimbangan dengan para kiai dan para sepuh dulu di Jawa Timur," ujar Khofifah.

Terkait kapan dia akan melapor kepada Presiden Joko Widodo, Khofifah masih menunggu proses dukungan yang cukup dari partai-partai. Dia juga masih juga fokus bekerja di Kementerian Sosial yang dipimpinnya.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

"Biar ini selesai dulu, nanti saya akan lapor ke Presiden setelah koordinasi partai selesai. Saya pastikan kinerja Kemensos tetap akan terjaga secara maksimal. Jadi teman-teman saja yang besar-besarin Jawa Timur," kata Khofifah.

Sebelumnya, ratusan kiai se-Jawa Timur bersepakat membentuk Tim Sembilan untuk membahas calon yang cocok bagi pendamping Khofifah di Pilgub Jatim 2018. Tim Sembilan diketuai Salahuddin Wahid alias Gus Solah, adik mendiang mantan Presiden Abdurrahman Wahid.

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024