Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Waketum PKB Jazilul Fawaid dan sejumlah elite DPP PKB.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku masih membahas dan mengkaji nama-nama yang akan diusung untuk maju pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. 

Politisi Demokrat Debby Kurniawan Daftar Jadi Bacabup Lamongan ke PKB, Ini Alasannya

"Ini sedang digodok," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan di kantor pusat PKB, Jakarta, Sabtu, 6 April 2024. 

Jazilul enggan membocorkan nama-nama kandidat yang tengah digodok untuk maju Pilgub Jatim 2024. Dia mengaku tak mudah mengungkap nama tersebut mengingat Khofifah Indar Parawansa merupakan kandidat terkuat calon gubernur Jatim.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

"Di Jatim memang tidak mudah untuk menyebut nama karena kita sudah tahu siapa lawannya ya kan. Yang kuat itu (Khofifah Indar Parawansa). Makanya kita sembunyikan dulu milik kita, nanti kita lihat sambil jalan siapa yang paling layak untuk kompetisi," katanya.

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

PDIP Jawa Timur mulai melakukan penjajakan kepada Khofifah Indar Parawansa untuk diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. PDIP bahkan sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik yang sudah lebih dulu mengeluarkan rekomendasi untuk pencalonan Khofifah.

Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah mengatakan, pihaknya menaruh atensi kepada Khofifah untuk bersama-sama membangun Jawa Timur lima tahun ke depan. 

"Jujur saja, kami menaruh respek betul kepada Mbakyu Khofifah dan bagaimana Mbakyu Khofifah memandang kami," katanya di kantor PDIP Jatim di Surabaya, Minggu, 31 Maret 2024.

Ilustrasi Pilkada.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Said mengaku sudah berkomunikasi dengan Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) soal Pilgub Jatim 2024 dan kemungkinan bersama-sama mengusung Khofifah. Gerindra dan PAN sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Khofifah sebagai Cagub Jatim. "Baru [komunikasi dengan] dua partai," ujar politikus asal Sumenep, Madura itu.

Untuk sementara ini nama Khofifah tak tertandingi di bursa bakal calon gubernur Jatim 2024, berdasarkan hasil survei berbagai lembaga survei. Ketua Umum PP Muslimat NU itu juga sudah mengantongi rekomendasi dari partai Koalisi Indonesia Maju, yakni Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat.

Sementara ini, baru Demokrat yang mengeluarkan rekomendasi untuk paket pasangan Pilgub Jatim. Partai besutan Soesilo Bambang Yudhoyono itu ingin duet Khofifah-Emil Dardak dilanjutkan. Sedangkan Gerindra lamat-lamat akan mengajukan cawagub. Sementara ini nama yang mencuat ialah Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya