Bursa Kabinet SBY

Sudi Disebut Jadi Mendagri

VIVAnews -- Saat ini dia masih menjabat Menteri Negara Sekretaris Kabinet. Kini nama letnan  jenderal yang sudah purnawirawan ini kembali disebut-sebut masuk dalam kabinet 2009-2014. Dialah Sudi Silalahi yang namanya disebut sebagai calon Menteri Dalam Negeri untuk periode 2009-2014.

Pria kelahiran Pematang Siantar 13 Juli 1949 ini memang dikenal sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan Sudi diibaratkan sebagai tangan kanan sang presiden. Bukan semasa Presiden saja, Sudi lengket dengan SBY.

Sejak SBY menjabat Menkopolkam, Sudi sudah menjadi sekretarisnya. Perannya dalam kabinet SBY memang cukup besar, bahkan pada 2004 SBY sampai mempercayakan Sudi untuk memanggil para calon menteri ke kediaman presiden di Cikeas, Bogor.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Rapat kabinet terbatas

Contoh lainnya, mantan Askomsos Kaster ABRI (1998) ini berperan dalam Tim Penilai Akhiryang dipimpin langsung Presiden SBY dan bertugas menentukan para direksi BUMN dan eselon satu di setiap departemen. Dia menjadi kepercayaan presiden di TPA yang beranggotakan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Meneg BUMN Sugiharto, Meneg PAN Taufik Effendi dan menteri departemen teknis.

Sudi mengawali kariernya di kemiliteran setelah lulus Akabri pada 1972.  Beberapa jabatan strategis yang dipegangnya adalah Pangdam V Brawijaya, Surabaya pada 1999, Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998, Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998, Wakil Assospol Kasospol ABRI periode 1996-1997.

Sepak terjang Sudi di kabinet bukannya tanpa cela. Dia juga pernah diterpa skandal suratnya ke PT. Sun Hoo Engineering  menyangkut soal rekomendasi mengenai rencana renovasi Kedutaan Besar RI di Seoul, Korea Selatan. Sun Hoo Engineering adalah kontraktor asal Korsel yang mengajukan usulan renovasi gedung KBRI.

Komisi Kehutanan DPR juga pernah mempertanyakan keikutsertaan Sudi Silalahi dalam penyelesaian kasus PT Intracawood Maanufacturing. Pada 6 Oktrober 2005, ia mengirim surat permintaan kepada Menteri Kehutanan untuk menelaah kasus ini.

Kasus Intraca mencuat ketika bekas Menteri Kehutanan Muhammad Prakosa mengeluarkan ijin Hak Pengusahaan Hutan untuk Intracawood di Kalimantan Timur seluas 195.110 hektare pada 2004. Ijin ini diduga menyalahi prosedur. Polemik bertambah ketika Menteri Kehutanan Malam Sambat Kaban mengancam mencabut izin ini. Belakangan, setelah Sudi turun tangan kasus ini menghilang.

Nammun itu semua tak membuat sosok Sudi rontok di mata SBY.

Rizky Nazar

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Aktor Rizky Nazar saat ini tengah ramai diperbincangkan lantaran hubungan asmaranya dengan Syifa Hadju dikabarkan tengah retak yang disebabkan oleh dugaan orang ketiga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024