Bursa Kabinet SBY

Seleksi Kloter III Dimulai Pukul 13.00 WIB

VIVAnews - Uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon menteri kabinet 2009-2014 belum juga berakhir. Pukul 13.00 siang ini proses akan kembali dilanjutkan di kediaman Presiden SBY di Puri Indah, Cikeas.

Uji tersebut dilakukan oleh SBY dan Boediono dengan model wawancara secara terpisah kepada tiap calon menteri. Dengan demikian, para calon menteri tidak datang ke Cikeas dalam satu waktu, melainkan bergiliran satu persatu sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Fit and proper test hari ini merupakan gelombang ketiga sekaligus yang terakhir. Sebelumnya, tes gelombang pertama telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2009, dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang, dan tes gelombang kedua dilaksanakan pada Minggu, 18 Oktober 2009 kemarin, dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang.

Tes gelombang ketiga siang ini diperkirakan akan berlangsung lebih singkat, karena jumlah peserta yang lebih sedikit.

Tes yang berlangsung di hari ketiga ini dijadwalkan berlangsung siang, karena presiden harus menghadiri pelantikan anggota BPK pada pagi harinya. "Hanya soal manajemen waktu, karena disesuaikan dengan agenda pelantikan BPK," jelas juru bicara kepresidenan, Andi Mallarangeng, di Cikeas kemarin.

Awalnya fit and proper test direncanakan hanya akan berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu. Namun banyaknya calon menteri yang harus diuji membuat rencana berubah. Pada hari pertama tes berlangsung hingga sekitar pukul 22.00 malam, sedangkan pada hari kedua sampai pukul 17.30 menjelang maghrib. Tes di hari kedua rupanya sengaja dipersingkat.

"Untuk memberi kesempatan agar presiden dapat sedikit bernafas," kata Andi.

SBY sendiri kemarin menyatakan bahwa semua calon menteri yang telah dia uji cukup memenuhi standar. "Meet the standard. Tapi belum selesai, masih ada gelombang terakhir," ujar SBY ketika menyempatkan diri untuk berjalan-jalan keluar rumah dan menyapa wartawan di tengah proses fit and proper test.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024