5 Pemain Timnas Indonesia, Dulu Populer Kini Terlupakan

Egy Maulana Vikri dan Wita Sulaeman merayakn gol Evan Dimas
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Sebelum diperkuat Nathan Tjoe-A-On atau Justin Hubner, skuad Timnas Indonesia sempat diisi oleh sejumlah pemain yang dahulu digadang-gadang menjadi Bintang sepakbola Tanah Air.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Namun, kini nama sejumlah pemain tersebut kian terbenam bersamaan dengan munculnya nama-nama baru yang memperkuat skuad Garuda.

Lantas, siapa saja sosok para pemain tersebut?

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

1. Maldini Pali

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Nama Maldini Pali mulai dikenal pecinta sepakbola saat ia berhasil mempersembahkan Juara Piala AFF U-19 2013. Bukan cuma itu, pemain lincah asal Mamuju, Sulawesi Barat tersebut juga membawa Timnas Indonesia lolos ke babak utama Piala Asia U19 2014.

Kerjasama Maldini Pali, Evan Dimas dan Muchlis Hadi membuat Timnas Indonesia yang saat itu diasuh Indra Sjafri menjadi tim yang disegani. Oleh karenanya, tidak sedikit yang menyebut saat itu merupakan era emas sepakbola Tanah Air.

Sayangnya, nama Maldini Pali kini kian meredup dari dunia sepakbola. Hal ini karena, dia lebih memilih untuk alih profesi sebagai polisi di tahun 2017.

2. Andik Vermansah

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sosok Andik Vermansah tentu tidak asing di telinga pecinta bola, hal ini karena pria kelahiran Jember, Jawa Timur itu sempat mencuri perhatian di ajang SEA Games 2011 hingga dijuluki Lionel Messi dari Indonesia.

Nama Andik kian jadi sorotan saat ia bergabung dalam skuad Indonesia All Stars melawan LA Galaxy di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Saat itu Andik sempat terkena tackling keras dari legenda Manchester United, David Beckham.

Musim lalu Andik sempat membela Bhayangkara FC dengan tampil sebanyak 53 kali. Namun kini, nama Andik kian meredup setelah bermain di Persiraja Banda Aceh, klub kasta kedua Liga Indonesia.

3. Evan Dimas

Pemain Timnas Indonesia U-22, Evan Dimas

Photo :
  • Bongdaplus.vn

Nama Evan Dimas cukup populer pada masanya, boleh dibilang pria asal Surabaya ini merupakan tulang punggung Timnas indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Piala AFF 2016 menjadi edisi paling Istimewa bagi Evan Dimas, karena untuk pertama kalinya ia mencicipi partai final.

Tercatat, Evan Dimas mengabdikan diri untuk Timnas indonesia selama delapan tahun sejak debut pada 2014 hingga 2022. Total ia telah mencatat 41 penampilan dengan torehan 8 gol dan 3 assist di semua level.

Pemain Timnas Indonesia, Zulham Zamrun

Photo :
  • @affsuzukicup

Zulham melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia pada Oktobr 2011 dan terakhir kali pada Oktober 2016. Saat itu Zulham sedang berada di puncak popularitasnya dan dikenal sebagai sosok striker mematikan.

Yang paling diingat terkait sosok Zulham adalah saat ia mencetak gol dari tendangan bebas jarak jauh saat Timnas indonesia uji coba dengan Vietnam di Maguwoharjo.

Osvaldo Haay (tengah) saat membela Timnas U-23

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/17.

Pemain serba bisa, sepertinya cocok disematkan untuk Osvaldo Haay. Striker kelahiran Jayapura 1997 ini dikenal memiliki kemampuan untuk mencetak gol dan membangun kreasi serangan.

Kecepatan dan skill olah bola yang ia miliki membuat ia sering dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia hingga ditempatkan di berbagai posisi.

Sempat membela Persija Jakarta musim lalu, kontrak Osvaldo tidak diperpanjang. Thomas Doll seakan tidak cocok dengan gaya permainannya. Kini ia merumput bersama Bhayangkara FC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya