Bursa Kabinet SBY

Oposisi atau Tidak, PDIP Putuskan Besok

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum memutuskan bergabung atau tidak dalam pemerintahan lima tahun ke depan pada hari ini. Sekretaris Jenderal PDIP, Pramono Anung, menyatakan partainya baru bersikap Selasa besok. "Tunggu saja," ujarnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 19 Oktober 2009.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas mengaku tidak tahu soal rencana DPP PDIP menggelar rapat pleno hari ini terkait penentuan sikap politik partai. "Loh, saya malah tidak tahu," kata Taufiq yang juga Ketua MPR, sesaat sebelum memulai gladi resik pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung MPR/DPR.

Pramono menjelaskan, keputusan resmi partai sedianya baru akan diumumkan lusa, Rabu, 21 Oktober 2009. Namun ia mengindikasikan bahwa pengumuman terkait hal itu akan dipercepat menjadi esok hari, Selasa, 20 Oktober 2009, bertepatan dengan hari pelantikan presiden.

Sikap final PDIP menjadi hal yang dinanti banyak kalangan, karena selama ini partai tersebut berdiri sebagai satu-satunya oposisi signifikan di Indonesia. Apabila PDIP memutuskan untuk bergabung dengan pemerintah, maka dapat dipastikan tidak akan lagi kekuatan oposisi yang dapat diperhitungkan di peta politik tanah air.

Oleh karena itu, tak heran sejak kemarin banyak pihak menanti-nanti dengan rasa penasaran, apakah kader-kader PDIP akan turut muncul di Cikeas untuk mengikuti uji kelayakan calon menteri. Politisi PDIP yang selama ini santer disebut akan diambil ke kabinet ialah Sekjen PDIP Pramono Anung, Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang juga merupakan putri Taufiq dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ketika ditanya mengapa dirinya belum juga muncul di Cikeas, Pramono hanya tersenyum. Politisi senior PDIP itu tampak tak terusik. "Tunggu besok saja ya," sahutnya singkat. Fit and proper test di Cikeas sendiri dijadwalkan memasuki tahap akhir pada hari ini. Lantas, apakah PDIP akan tetap tegak berdiri sebagai kekuatan oposisi penyeimbang?

"Tidak ada oposisi di Indonesia karena kita menganut sistem presidensial," tutur Taufiq secara terpisah. Namun ia menegaskan, PDIP tetap akan berjiwa merah putih dan bersikap kritis apapun kondisinya. "Kalau soal oposisi atau tidak, masih menunggu Mega," kata Taufiq mengakhiri perbincangan.

Presidential Club Upaya Prabowo Subianto Solidkan SBY, Megawati dan Jokowi
Vespa klasik milik Babe Cabita

Terpopuler: Mobil Rp105 Jutaan Irit Banget, Harga Mengejutkan Vespa Babe Cabita

Berita yang membahas mengenai mobil Rp105 jutaan irit banget dan harga mengejutkan Vespa Babe Cabita, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024