Mahalnya Harga Pemain Cadangan di Piala FA

Dele Alli, pemain Tottenham Hotspur
Sumber :
  • Reuters / Paul Childs

VIVA.co.id – Piala FA menjadi momentum di mana para manajer harus memutar otak untuk melakukan rotasi pemain. Seperti yang terlihat pada tim-tim Premier League yang berlaga di kompetisi tertua di Inggris tersebut.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Rotasi pemain mutlak dibutuhkan. Ada beberapa alasan, seperti untuk menguji performa para penggawa muda dan menghindari cedera serta kelelahan para pemain inti.

Namun, ada fakta menarik dari ajang Piala FA yang kini telah melewati putaran III jika berbicara soal rotasi pemain. Tim-tim Premier League memiliki penghuni bangku cadangan yang fantastis.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Total, semua tim Premier League yang mencadangkan pemainnya memiliki nilai £800 juta atau setara Rp13 triliun. Dari £800 juta tersebut, £521 juta di antaranya hanya didapat dari enam klub, yakni Manchester United, Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur, Liverpool dan Chelsea.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengatakan "Mungkin kini saya memiliki pemain cadangan terkuat selama karier saya. Saya selalu bermimpi memiliki pemain cadangan dengan kekuatan seperti ini," ujarnya kepada The Sun.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Liverpool melawan Plymouth di putaran III Piala FA. Klopp menjadikan Roberto Firmino, Adam Lallana dan Georginio Wijnaldum sebagai pemain cadangan. Penghuni bench The Reds mencapai angka £117 juta (Rp1,9 triliun).

Rival Liverpool, Manchester United, menghadapi klub yang kini diasuh mantan pemainnya, Jaap Stam. MU menggilas Reading dengan skor 4-0.

Setidaknya, nilai pemain cadangan MU di laga tersebut mencapai £150,5 juta (Rp2,4 triliun). Harga ini adalah akumulasi dari harga Paul Pogba, Henrikh Mkhitaryan dan Bastian Schweinsteiger.

Chelsea menjamu Peterborough United di mana N'golo Kante, Eden Hazard dan Diego Costa tak masuk dalam starting eleven. Pemain pengganti Chelsea bernilai £110 juta atau Rp1,7 triliun.

Sedangkan tim tetangga MU, ManCity, memiliki nilai pemain cadangan yang tinggi. Dengan Aleksandar Kolarov, Claudio Bravo dan Jesus Navas tak masuk starter, mereka punya harga sekitar £88,8 juta (Rp1,4 miliar).

Sedangkan dua tim rival asal kota London, Arsenal dan Tottenham Hotspur, masing-masing memiliki harga pemain cadangan sebesar £19,5 juta dan £35,5 juta.

Dari enam tim elite di atas, klub lain juga memiliki pemain mahal di bangku cadangan. Mereka adalah Yohan Cabaye (Crystal Palace), Dimitri Payet (West Ham) dan Nathan Redmond (Southampton).

Watford jadi tim yang paling beda. Saat menjamu Burton Albion, sang manajer, Walter Mazzarri, menurunkan susunan pemain reguler yang biasa dimainkan di Premier League. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya