"Perang" di Premier League Kembali Bergulir

manchester city rayakan kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola - Setelah menjalani libur panjang selama dua bulan, pertarungan sengit Premier League akan kembali digelar akhir pekan ini. Ya, kompetisi kasta tertinggi di Inggris ini akan melakoni laga perdana musim 2012-2013 pada, Sabtu, 18 Agustus 2012.

Sedikitnya enam duel sengit akan tersaji pada Sabtu ini. Yaitu, Arsenal vs Sunderland, Fulham vs Norwich City, Queens Park Rangers vs Swansea City, Reading vs Stoke City, West Bromwich vs Liverpool, West Ham United vs Aston Villa dan Newcastle United vs Tottenham Hotspur.

Sementara itu, duo Manchester baru akan melakoni laga perdana keesokan harinya. Manchester United bakal bertandang ke kandang Everton, dan Manchester City akan menjamu Southampton. Namun sebelumnya, duel sengit lainnya akan digelar antara Chelsea yang bertandang ke kandang Wigan Athletic.

Mengawali musim ini, Premier League kembali dinobatkan sebagai kompetisi yang paling mengkilap dengan perputaran nilai uang paling besar di bursa transfer musim panas ini. Para klub Premier League menghabiskan dana hingga €313 juta, atau setara dengan Rp3,667 triliun, untuk memperkuat skuat.

Angka ini lebih tinggi dibanding kompetisi bergengsi Eropa lainnya. Seperti Serie A Italia yang hanya mengeluarkan dana €282 juta atau setara Rp3,303 triliun. Begitupula dengan Liga Prancis, Ligue 1 yang baru menggelontorkan dana €202 juta atau senilai Rp 2,366 triliun.

Untuk La Liga sendiri, sampai saat ini hanya menghabiskan €65 juta atau Rp761 miliar saja, minus €248 juta dari pengeluaran klub-klub Inggris. Gejolak ekonomi mata uang Euro yang melanda Spanyol menjadi salah satu alasan mengapa bursa transfer di negeri matador ini tidak semeriah di Inggris.

Chelsea Paling Boros

Di musim ini, klub papan atas asal London, Chelsea kembali melanjutkan tradisinya dengan menggelontorkan dana besar demi mendatangkan pemain bintang yang mereka inginkan. Klub milik taipan minyak Rusia, Roman Abramovich itu sudah mengeluarkan dana lebih dari €80 juta untuk mendatangkan talenta muda macam Eden Hazard, Oscar dan Marko Marin.

The Blues memang berusaha kembali menguasai mahkota Premier League yang kali terakhir mereka dapatkan pada 2010 lalu. Selain itu, mereka juga ingin mempertahankan prestasinya musim lalu, yaitu merengkuh gelar Piala FA dan Liga Champions. Namun di musim ini, langkah Chelsea agak berat karena ditinggalkan bomber andalannya, Didier Drogba ke Shanghai Shenhua.

Sementara itu, Manchester United menguntit di posisi kedua. Kegagalan di musim lalu membuat Setan Merah terlihat cukup boros pada bursa transfer kali ini. Setelah mendapatkan Shinji Kagawa, nama besar yang akan didatangkan Sir Alex Ferguson berikutnya adalah Robin van Persie. Untuk dua nama itu saja, MU sudah harus merogoh kocek sampai €50 juta lebih.

Hal yang mengejutkan juga ditunjukkan oleh Arsenal. Klub yang biasanya tidak terlalu aktif belanja pemain mahal, di musim ini sedikit berubah. Hingga sepekan jelang bursa transfer ditutup, The Gunners setidaknya telah merogoh kocek sebesar €40 juta lebih. Uang sebesar itu untuk mendatangkan Lukas Podolski, Olivier Giroud dan Santi Carzola.

4 Kandidat Juara Premier League

Di musim ini, peta kekuatan tampaknya masih belum banyak berubah. Sedikitnya, ada empat klub yang difavoritkan menjadi kandidat kuat merengkuh gelar juara Premier League musim ini.
Manchester United berada di posisi pertama sebagai kandidat juara Premier League. Kehadiran dua bintang anyar, Shinji Kagawa dan Robin van Persie ke Old Trafford membuat Setan Merah paling diunggulkan. Selain itu, kematangan Wayne Rooney dan Javier Hernandez bisa menjadi nilai lebih MU dalam menjalani kompetisi musim ini.

Kandidat lainnya adalah juara Premier League musim lalu, Manchester City. Tim besutan Roberto Mancini ini difavoritkan bisa mempertahankan gelar yang telah mereka rengkuh musim lalu. Mantan pelatih Inter itu tampaknya tidak akan banyak melakukan perubahan komposisi tim di musim ini. Itu terlihat dari kurang aktifnya The Citizens di bursa transfer musim panas ini.

Sementara itu Chelsea juga tidak bisa dianggap remeh. Meraih gelar Liga Champions musim lalu tidak membuat pemilik The Blues, Roman Abramovich berpuas diri. Dengan kekuatan uang yang dia miliki, sejumlah pemain bintang dia datangkan. Seperti Oscar, Eden Hazard dan Marko Marin.

Kemampuan personal Roberto Di Matteo dalam berkomunikasi dengan para pemain menjadi nilai lebih Chelsea musim ini untuk diunggulkan. Di Matteo musim lalu mampu mengkombinasikan komposisi pemain muda dan veteran hingga merengkuh dua gelar bergengsi.

Kandidat lainnya adalah Arsenal. Meski ditinggalkan sang kapten, Robin van Persie, bukan berarti hal itu akan membuat The Gunners akan terpuruk. Arsenal di musim ini mulai berubah dan berusaha menjadi pesaing serius dalam perburuan gelar Premier League musim ini.

Hal itu dibuktikannya dengan lebih aktif dalam berburu pemain di bursa transfer musim panas ini. Hingga sepekan jelang bursa transfer ditutup, The Gunners setidaknya telah merogoh kocek sebesar €40 juta lebih. Uang sebesar itu untuk mendatangkan Lukas Podolski, Olivier Giroud dan Santi Carzola.

Sementara itu, dua klub yang bisa menjadi kuda hitam di Premier League musim ini adalah Tottenham Hotspur dan Liverpool. Di bawah asuhan pelatih baru, kedua klub berambisi coba menyodok dominasi empat klub top Inggris musim ini.

Jadwal laga perdana Premier League 2012-2013

Sabtu, 18 Agustus 2012
Arsenal vs Sunderland                                21.00 WIB
Fulham vs Norwich City                               21.00 WIB
QPR vs Swansea City                                  21.00 WIB
Reading vs Stoke City                                  21.00 WIB
West Bromwich vs Liverpool                        21.00 WIB
West Ham United  vs Aston Villa                  21.00 WIB
Newcastle United vs Tottenham Hotspur    23.30 WIB

Minggu, 19 Agustus 2012
Wigan Athletic vs Chelsea                          19.30 WIB
Manchester City vs Southampton               22.00 WIB

Senin, 20 Agustus 2012

Everton vs Manchester United                    02.00 WIB

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016