Lawan Filipina, Timnas Indonesia Ingin Hapus Mimpi Buruk

Latihan Timnas Jelang Lawan Liverpool
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga ujicoba yang akan dilangsungkan hari ini, Rabu, 14 Agustus di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Laga ini merupakan rangkaian persiapan Boaz Salossa Cs jelang melawan China di kualifikasi Pra Piala Asia Grup C pada Oktober mendatang.

Dan yang tidak kalah penting, pertandingan melawan Filipina diharapkan bisa menjadi momentum bagi Indonesia untuk membangun kepercayaan diri usai dipermalukan dua raksasa Inggris, Arsenal dan Liverpool, Juli lalu dalam laga persahabatan tidak resmi.

Indonesia kalah 0-2 dari Liverpool di laga persahabatan yang digelar 20 Juli silam. Sebelumnya, atau tepatnya 14 Juli, Indonesia dipermalukan Arsenal dengan skor telak 0-7. Kekalahan yang dipercaya mampu meruntuhkan mental para pemain Indonesia jelang laga Pra Piala Asia Oktober nanti.

Tak pelak, di laga melawan Filipina hari ini akan dimanfaatkan Jacksen F Thiago untuk memulihkan kepercayaan diri skuadnya. "Saya berjanji akan terus melakukan pembenahan di dalam tim. Konsentrasi kami sekarang fokus memperbaiki kepercayaan diri," kata Jacksen beberapa waktu lalu.

Lawan Seimbang

Meski berambisi memetik kemenangan di laga ini, Indonesia disinyalir tidak akan dengan mudah menaklukkan Filipina. Secara kualitas, kedua tim terbilang seimbang walau dalam rekor tiga pertemuan terakhir keduanya, Indonesia lebih unggul.

Kedua tim terakhir bersua pada 19 Desember 2012 lalu. Saat itu keduanya bermain imbang 2-2. Sebelumnya, Indonesia dua kali sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 di dua laga semifinal Piala AFFpada 16 dan 19 Desember 2010.

Namun Indonesia patut waspada, menyusul rangkaian hasil mengecewakan yang diraih. Indonesia tidak pernah menang di lima laga resmi terakhir mereka. Berbanding terbalik dengan Filipina yang selalu meraih kemenangan di lima pertandingan terakhir mereka.

Selain itu, Filipina juga menempati ranking FIFA lebih tinggi dari Indonesia, yaitu di posisi 141. Sementara Indonesia hanya berada di urutan 169. Namun Indonesia diuntungkan karena berstatus tuan rumah yang akan mendapat dukungan penuh dari suporter.

Jacksen mengungkapkan dirinya sudah mempelajari permainan tim Filipina melalui rekaman-rekaman pertandingan tim berjuluk The Azkals tersebut. "Mereka termasuk salah satu tim yang berkembang pesat," ungkap Jacksen.

"Filipina sebagai tolak ukur perkembangan tim yang akan bersiap menghadapi China. Saya tekankan kepada para pemain bahwa kami harus fokus menghadapi China," tegasnya.

Tiga Pertemuan Terakhir Indonesia Vs Filipina
5 Juni 2012 (pertandingan persahabatan)
Indonesia 2-2 Filipina

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

19 Desember 2010 (semifinal Piala AFF 2010 leg kedua)
Indonesia 1-0 Filipina

16 Desember 2010 (semifinal Piala AFF 2010 leg pertama)
Filipina 1-0 Indonesia

Lima pertandingan terakhir Indonesia
Indonesia 0-3 Belanda
Indonesia 1-2 Arab Saudi
Irak 1-0 Indonesia
Yordania 5-0 Indonesia
Malaysia 2-0 Indonesia

Lima pertandingan terakhir Filipina
Hongkong 0-1 Filipina
Filipina 1-0 Turkmenistan
Kamboja 0-8 Filipina
Filipina 3-0 Brunei Darussalam
Myanmar 0-1 Filipina

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016