SEA Games 2011

Melihat Kesiapan Stadion Lebak Bulus

Stadion Lebak Bulus, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAnews - Stadion Lebak Bulus, Jakarta mulai bersolek. Bekas markas tim ibu kota, Persija Jakarta ini akan digunakan sebagai lokasi 'pertempuran' tim-tim dari Asia Tenggara yang akan bertarung di SEA Games 2011 mendatang.

Pantauan VIVAnews, Selasa, 1 November 2011, terlihat banyak perubahan yang sudah dilakukan. Beberapa ruangan seperti rest area, media center, dooping control, press confrence room, dan ruangan lainnya kini sudah tersedia.

Menurut Manajer Media PSSI, Marco Paulo, pihak penyelenggara juga akan menyediakan fasilitas wifi. Ini untuk memudahkan kerja para jurnalis yang meliput laga. "Komputer untuk media center ada 20, dan nanti dibagi dua buat di Stadion GBK dan Lebak Bulus," kata Marco.

Lebak Bulus merupakan salah satu venue yang akan digunakan cabang olaraga sepak bola di SEA Games 2011. Selain stadion berkapasitas 12.500 penonton ini, panitia juga memakai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.

Di Lebak Bulus akan digelar pertandingan babak penysihan Grup B. Sebanyak enam negara, yakni Vietnam, Filipina, Laos, Myanmar, Timor Leste, dan Brunei Darussalam akan bertarung di sini. Tak hanya berlangsung sore hari, beberapa pertandingan justru akan digelar pada malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Terkait pertandingan malam, Lebak Bulus sebenarnya sudah memiliki lampu. Namun alat penerangan ini masih belum sesuai standar internasional. Pengerjaannya juga masih dalam proses dan belum rampung hingga saat ini.

"Lebih dari 90 persen sudah siap. Tinggal menunggu lampu saja. Pokoknya semua kita dukung. Apa yang bisa kami bantu, akan kami bantu," kata PLT Stadion Lebak Bulus, Kanti Herawati kepada wartawan, Selasa, 1 November 2011.

"Tanggal 3 November dijadwalkan sudah selesai. Kan ini nanti datangnya dari Phillips. Kalau lampu standar sebenarnya sudah ada. Tapi, ini kan lampunya harus sesuai syarat." lanjut Kanti.

Pihak pengelola hari ini rencananya akan memasang AC di seluruh ruangan, mulai dari ruang ganti sampai ruang konfrensi pers. "Kesiapan dan infrastrukstur hampir siap semua," beber Kanti.

Terkait rumput yang belum ditata, Kanti mengaku masih menunggu permintaan dari tim yang akan bertanding. Saat ini kondisi rumput terlihat cukup panjang.

"Rumput enggak ada masalah. Nanti dipotong lagi, kita tunggu permintaan dari tim yang bertanding, mau rumput seperti apa. Tapi, jenis rumputnya masih rahasia. Kan setiap stadion berbeda dan punya ciri masing-masing."

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Pengelola Lebak Bulus juga tidak khawatir dengan cuaca Jakarta yang sudah memasuki musim hujan. Menurut Kanti, penyerapan air di Stadion Lebak Bulus sampai saat ini masih baik.  "Tidak pernah bola sampai berhenti karena genangan air," pungkas Kanti.

Stadion Lebak Bulus akan menggelar laga perdana pada Sabtu, 5 November 2011. Laga akan mempertemukan Brunei Darusallam vs Timor Leste pukul 16.00 WIB. Sedangkan partai kedua akan bertemu Laos vs Myanmar pukul 19.00 WIB.

Indonesia yang tergabung di Grup A bersama Malaysia, Thailand, Singapura, dan Kamboja akan berlaga di SUGBK, Senayan Jakarta. Di laga perdana, Indonesia akan bertemu dengan Kamboja, 7 November 2011 pada pukul 19.00 WIB. (umi)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016