Tampil Menekan, Persiba Tahan Imbang Persisam

Gaston Castano dikawal pemain Persiba Balikpapan
Sumber :
  • YADI/Bandung
VIVAbola -
Materi Pemain Luar Biasa, Madura United Masih Simpan Masalah
Persiba Balikpapan sukses mencuri 1 poin saat menghadapi tuan rumah Persisam Putra Samarinda dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Kamis 18 April 2013. Bertanding di Stadion Segiri Samarinda, Beruang Madu bermain imbang 2-2 dengan Pesut Mahakam.

Langkah Persiba Terhenti di Semifinal Piala Gubernur Kaltim

Di laga panas itu, Persiba unggul lebih dahulu di menit 45+1 melalui kaki Yudi Choeruddin memanfaatkan serangan balik cepat. Gol berawal dari kesalahan passing yang dilakukan M. Robby.
Hattrick Rudi Widodo Antar Surabaya United ke Semifinal


Yudi yang berhasil merebut bola dengan cepat membawa ke daerah pertahanan Persiba yang hanya menyisakan Pieree Njanka dan Joko Sidik. Tanpa banyak kesulitan, Yudi menceploskan bola ke gawang yang dikawal Fauzi Toldo.


Gol balasan Persisam dilesakkan oleh Richard Obiora di menit 48 memanfaatkan set piece yang dieksekusi Ebrahim Lovenian. Berselang 10 menit kemudian, Persiba kembali mencetak gol yang membuat hening seantero Stadion Segiri Samarinda. Persisam kemudian membalas di menit 87, yang juga memanfatkan set piece Ebrahim Lovenian.


Bagi Persiba, berbagi poin sudah cukup baik. Tapi tidak bagi Persisam. Hasil seri ini seolah mengulangi rentetan buruk derby. Sebelumnya, M. Robby dkk ditahan imbang tanpa gol oleh Barito Putera Banjarmasin.


Pelatih Persiba Herry Kiswanto menuturkan, dirinya merasa senang dengan hasil pertandingan ini. Dia menikmati setiap menit jalannya laga. Pemainnya memainkan sepakbola taktis seperti ketika berlatih. Dia melihat bahwa pola  permainan berjalan teratur sejak babak pertama hingga akhir laga. Hanya saja, lawan memiliki keunggulan tersendiri di bola-bola mati. Itu dia akui dan mengubah hasil laga.


"Lawan benar-benar memanfaatkan keunggulan set piece. Pemain belakang tak benar-benar ketat menjaga pergerakan lawan ketika perebutan bola di daerah pertahanan. Ini menjadi bahan evaluasi sebelum laga away berikutnya," kata Herkis -- sapaan khas Herry Kiswanto.


Herkis menuturkan, dua gol yang lahir ke gawangnya tak disangka-sangka sama sekali. Tetapi, dia tak bisa menyalahkan pemainnya. Lawan memang punya keunggulan di eksekusi bola mati. Dia tak mengantisipasi sejak awal. Melihat timnya bermain dengan tenang, memainkan bola di daerah sendiri kemudian menyusur perlahan ke daerah penalti lawan cukup membuat dia bahagia. Ini adalah pertandingan terbaik timnya.

 

"Semestinya tidak perlu ada pelanggaran yang berbuah tendangan bebas, " katanya.


Persisam kini menempati peringkat ketujuh dengan 22 poin dari 16 pertandingan. Sementara itu Persiba masih menempati posisi ke-11 dengan 17 poin dari 15 kali bertanding.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya