Main di Kompetisi Resmi, Bocah 13 Tahun Guncang Eropa

Pemain Glasgow Celtic U-20, Karamoko Kader Dembele, saat masuk ke lapangan.
Sumber :
  • Daily Mirror

VIVA.co.id – Prestasi luar biasa dicetak oleh pemain muda Glasgow Celtic, Karamoko Kader Dembele. Meski usianya masih 13 tahun, Dembele sudah masuk ke tim U-20 Celtic.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Bukan sebagai cadangan mati. Dembele justru bermain dengan para seniornya, dengan status pemain pengganti.

Dembele mencetak debut bersama Celtic U-20 pada Senin 3 Oktober 2016 waktu setempat, dalam lanjutan kompetisi U-20 Skotlandia. Dia masuk di menit 81, menggantikan Jack Aitchison, yang usianya sudah menginjak 16 tahun.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

"Pemain mungil tak terlihat kehilangan tempat di tim," begitu pernyataan Celtic di situs resminya.

Pemain Glasgow Celtic U-20, Karamoko Kader Dembele.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Artinya, permainan Dembele saat itu cukup memuaskan. Masih berusia 13 tahun dan punya badan yang lebih kecil, ternyata tak membuat Dembele canggung.

Striker asal Pantai Gading tersebut justru dengan percaya diri mengolah bola di lini pertahanan lawan. Daily Mirror melansir, Dembele kerap melakukan manuver layaknya Lionel Messi.

Pemain Glasgow Celtic U-20, Karamoko Kader Dembele, saat berlaga.

Memang, permainan Dembele mirip dengan Messi saat masih kecil. Kontrol bola prima, sering beradu sprint, lalu menyisir dari sisi sayap, adalah gaya bermain Dembele.

Keputusan pelatih Tommy McIntyre memainkan Dembele ternyata menjadi viral di sosial media. Netizen mengaku kagum dengan pencapaian Dembele. Terlebih saat melihat permainan memukau Dembele.

Tim legendaris Celtic, Lisbon Lions, lewat grup Facebook, ikut memuji aksi Dembele. Mereka menganggap Dembele merupakan aset terbaik bagi klub.

"Anak ini sangat spesial. Sungguh tak biasa untuk anak 13 tahun bermain di tim U-20. Sebagai perbandingan, Kristoffer Ajer di dalam tim dan dia punya tinggi 1,85 meter," begitu pernyataan Lisbon Lions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya