Hancur di Fase Grup hingga Pecat Pelatih, Timnas Pantai Gading Melesat ke Final Piala Afrika 2023

Pelatih Timnas Pantai Gading, Emerse Fae
Sumber :
  • AP Photo/Sunday Alamba

Pantai Gading – Pelatih Timnas Pantai Gading, Emerse Fae mendeskripsikan keberhasilan timnya melenggang ke ke final Piala Afrika  2023 seperti mimpi seusai menyudahi perlawanan Timnas RD Kongo dengan skor 1-0 pada laga semifinal, Kamis dini hari WIB, 8 Februari 2024.

Manchester United Tantang Manchester City di Final Piala FA

Di hadapan pendukung sendiri di Stadion Alassane Ouattara, Abidjan, Pantai Gading mengamankan tiket final melalui gol tunggal Sebastien Haller. Penyerang Borussia Dortmund itu menyongsong umpan silang Max Gradel dari sisi kanan untuk memastikan Pantai Gading bertemu Timnas Nigeria di laga final pada Senin 12 Februari 2024.

Emerse Fae pun merasa terharu atas keberhasilan timnya mencapai final. Sebelumnya, Pantai Gading tampil terseok-seok di fase penyisihan grup dan hanya lolos ke babak 16 besar dengan status posisi tiga terbaik.

Bekuk Chelsea, Manchester City Tembus Final Piala FA

"Kami senang, kami benar-benar terharu. Ini seperti mimpi, ketika Anda melihat dua minggu lalu, ada kekalahan di sini melawan Guinea Khatulistiwa," kata Fae dilansir AFP, Kamis.

Pemain Timnas Pantai Gading

Photo :
  • AP Photo/Sunday Alamba
Hajar Shi Yu Qi, Jonatan Christie Melaju ke Final BAC 2024

"Sulit membayangkan bahwa kami bisa lolos ke final," kata mantan gelandang klub Prancis, Nice itu.

Pada fase grup, tim berjuluk The Elephants itu kalah 0-4 dari Guinea Khatulistiwa dan 0-1 dari Nigeria. Pantai Gading hanya mampu mengamankan satu kemenangan 2-0 atas Guinea Bissau.

Hasil minor itu membuat pelatih Pantai Gading sebelumnya Jean-Louis Gasset dipecat. Emerse Fae yang berstatus sebagai asisten kemudian ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Di luar dugaan, Fae mampu mengubah permainan Pantai Gading menjadi lebih efektif. Mereka mengamankan kemenangan adu penalti atas Senegal di babak 16 besar, menang 2-1 atas Mali di babak perempat final meski Pantai Gading hanya bermain dengan 10 orang sejak akhir babak pertama.

Atas pencapaian itu, gelandang Pantai Gading Franck Kessie yang menjadi "man of the match" pada laga tadi malam menyebut timnya kini menjadi lebih optimistis.

"Selama masih mempunyai peluang meski hanya lima atau 10 persen, Anda harus tetap percaya, karena itulah yang membuat sepak bola indah,” kata Franck Kessie.

Laga final antara Nigeria dan Pantai Gading akan digelar di Stadion Alassane Ouattara, Abidjan pada Senin (12/2) dini hari WIB. Kedua tim pernah bertemu pada babak penyisihan grup di mana Nigeria menang 1-0 lewat gol penalti Troos-Ekong.

Di hari yang sama, RD Kongo menjamu Afrika Selatan di Stadion Felix Houphouet-Boigny, Abidjan, untuk perebutan juara ketiga Piala Afrika. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya