Pemain yang Dicekik Messi Kembali Bertanding Usai 7 Tahun Tak Bermain

Lionel Messi cekik pemain AS Roma Mapou Yanga-Mbiwa
Sumber :

VIVA – Mantan pemain gagal Newcastle United telah kembali ke sepak bola tujuh tahun setelah pertandingan terakhirnya.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Semua orang menyukai kisah comeback yang bagus dalam sepakbola, apakah itu bintang yang mencetak gol kemenangan setelah absen lama karena cedera atau pemain yang kembali ke klub masa kecilnya setelah bertahun-tahun merantai.

Ada beberapa contoh pemain yang mengambil jeda lama dalam sepakbola. Salah satunya adalah mantan pemain Newcastle Mapou Yanga-Mbiwa.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Pemain yang kini berusia 34 tahun itu telah menandatangani kontrak dengan klub baru tujuh tahun setelah dia memainkan pertandingan terakhirnya.

Bek asal Prancis ini tiba di Tyneside dengan harga £7 juta pada tahun 2013, bergabung dengan tim asuhan Alan Pardew setelah naik pangkat di Montpellier.

Karier Radja Nainggolan: Dari AS Roma, Inter Milan hingga Degradasi di SPAL dan Bhayangkara FC

kariernya di St James' Park tidak terlalu sukses, dan 18 bulan kemudian ia bergabung dengan Roma dengan status pinjaman sebelum bergabung dengan tim Serie A tersebut secara permanen.

Yanga-Mbiwa mencatatkan 37 penampilan di Premier League untuk The Magpies dan 22 penampilan sebagai starter di Serie A untuk Roma sebelum ia kembali ke Prancis ketika bergabung dengan Lyon pada tahun 2015.

Salah satu momen ikonik tentang karier Mapou adalah saat dirinya dicekik oleh Lionel Messi. Momen itu terjadi pada ajang Trofi Joan Gamper di Camp Nou 2015 lalu.

Insiden bermula ketika Messi melakukan penetrasi ke kotak penalti Roma bersama Neymar pada menit ke-33. Wasit Javier Estrada kemudian menghentikan pertandingan karena Neymar berada dalam posisi offside.

Entah karena apa, Messi tiba-tiba menghampiri Yanga-Mbiwa dan menanduknya. Tidak berhenti di situ, penyerang 28 tahun itu kemudian mencekik leher Yanga-Mbiwa dan mendorong bek timnas Perancis tersebut. 

Dua pemain Barcelona, Neymar dan Luis Suarez, sampai harus menahan Messi dan menjauhinya dari Yanga-Mbiwa. Wasit Estrada kemudian memberi Messi dan Yanga-Mbiwa kartu kuning.

Selama 5 tahun di Lyon, pemain internasional Prancis itu tampil dalam 72 pertandingan, sebelum kontraknya diakhiri pada tahun 2020 setelah tiga tahun tanpa bermain.

Tujuh tahun setelah pertandingan terakhirnya – kekalahan 1-4 di Piala Prancis dari klub pertamanya Montpellier pada Desember 2017 – Yanga-Mbiwa secara tak terduga kembali ke lapangan.

Pemain yang kini berusia 34 tahun ini telah menandatangani kontrak dengan FC Istres yang bermain di Championnat National 3, Grup A, kasta kelima sepak bola Prancis.

Tim yang bermarkas di dekat Marseille di Prancis Selatan ini saat ini berada di puncak divisi mereka setelah mengumpulkan 29 poin dari 13 pertandingan pembukaan musim ini.

Yanga-Mbiwa melakukan debutnya untuk Istres dalam kemenangan 2-0 atas Lucciana, memberikan tim barunya keunggulan empat poin atas Montpellier B di puncak klasemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya