Juan Mata, Diselamatkan untuk Jadi Penyelamat MU?

Juan Mata
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples
VIVAbola
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Terpuruk di klasemen Premier League, Manchester United bereaksi dengan coba membuat langkah besar di bursa transfer musim dingin ini. Tak main-main, satu nama besar diyakini bakal segera merapat ke Old Trafford sebelum bulan berganti. Pemain yang dimaksud adalah Juan Mata.

Rekor Buruk Mourinho di MU

Laporan
MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Sky Sport , Chelsea selaku pemilik segera menggelar negosiasi rencana transfer Mata. Sementara itu, BBC mengklaim 'Setan Merah' telah mengajukan tawaran buat pemain asal Spanyol tersebut senilai £35 juta atau setara Rp522,3 miliar.

"Transfer ini sangat mungkin terjadi karena menguntungkan kedua belah pihak," ujar pengamat, Guillem Balague.

Rabu, 22 Januari 2014, beberapa jurnalis dari media olahraga kenamaan di Inggris menyatakan bahwa The Blues sudah mencapai kata sepakat untuk Mata. Dan sang pemain telah meninggalkan markas latihan klub di Cobham guna mengurus kepindahannya tersebut.


Tapi, rumor yang berhembus itu berusaha ditampik oleh pihak dalam Stamford Bridge. Stasiun televisi klub, Chelsea TV, dalam laporannya menyatakan bahwa Mata masih tetap berlatih dengan rekan-rekannya. Yang absen malah kompatriot mantan punggawa Valencia tersebut, Fenando Torres. Itu juga karena dia mengalami cedera.


Bagaimanapun, lepas dari sejauh mana pembahasan transfer Mata antara kedua klub, yang jelas menanggalkan kostum Chelsea diyakini menjadi keputusan terbaik bagi sang pemain untuk saat sekarang.


Betapa tidak? Sejak kedatangan manajer anyar Jose Mourinho, Mata yang musim lalu menjadi andalan utama di lini tengah harus rela tersisih. Bayangkan, dengan kualitas yang dimiliki dan sudah teruji, dia baru 14 kali dipercaya turun bertanding. Itu sudah termasuk saat menjadi pemain pengganti.


Situasi tersebut tentu buat Mata tak nyaman. Pasalnya, jika kondisi tersebut berlanjut sampai akhir musim, bukan mustahil namanya tidak terdaftar masuk skuad Timnas Spanyol yang akan turun di perhelatan sepakbola terakbar sejagat raya, Piala Dunia 2014 di Brasil, Juni mendatang.


Posisi Mata di MU?

Jika jadi bergabung, maka pertanyaan yang muncul adalah "di mana Mata akan ditempatkan nantinya?"


Sejak era Sir Alex Ferguson sampai sekarang, MU sudah terbiasa bermain dengan mengandalkan punggawa yang lihai meyisir sisi lapangan. Tengok saja stok winger yang mereka miliki sekarang, ada Luis Nani, Antonio Valencia, Ashley Young, Wilfried Zaha dan Ryan Giggs.


Sayangnya, dari sekian banyak itu, belum ada yang mampu memuaskan David Moyes. Sang manajer sekarang malah lebih senang memainkan talenta muda Adnan Januzaj yang aslinya menjadi kreator serangan dari lapangan tengah untuk bermain melebar.


Menyimak fakta itu, rasanya sedikit ganjil jika Moyes memaksakan perekrutan Mata yang notabene punya tipikal permainan mirip dengan Januzaj atau Shinji Kagawa. Ketiganya diketahui bukan winger murni.


Namun, jangan dulu menilai perekrutan Mata sebagai hal yang sia-sia. Winger memang bukan posisi favoritnya, namun bukan berarti pemain 25 tahun itu tak piawai mengacak-acak pertahanan lawan dari sisi lapangan.


Mata sudah membuktikan kemampuannya menjadi winger di masa-masa awal membela Valencia.
Nah,
kabar bagusnya, walaupun seorang pemain kidal, jebolan tim junior Real Madrid itu tak akan kesulitan jika diminta bermain di sisi kanan.


Legenda MU, Andy Cole, sangat mendukung rencana perekrutan Mata. Dia juga yakin pemain berpostur 170 sentimeter itu bakal langsung nyetel dengan sistem yang diterapkan Moyes.


"MU bermain dengan pemain-pemain sayap. Saya tak melihat perubahan filosofi mereka. Tim terus dibangun dengan formasi 4-4-2 menyerang," kata Cole.


"Tapi, Mata bisa beroperasi dalam pola yang ada. Dia cukup cerdas untuk bermain dalam pola 4-4-2 atau 4-5-1. Dia akan selalu berusaha mendapatkan bola," sambungnya.


7 Pemain Rekomendasi Gary Neville

Berbeda dengan Cole yang menyatakan Mata sebagai opsi perekrutan terbaik buat MU sekarang, leganda MU lainnya, Gary Neville malah merekomendasikan sejumlah nama lain buat Moyes.


Neville memang semakin gencar mendesak Moyes agar royal berbelanja pemain setelah MU kalah bersaing dengan para rivalnya di Inggris. Menurut Neville, dengan skuad yang ada saat ini, plus banyaknya pemain cedera, MU sangat sulit bersaing.


Karena itu, paling tidak ada 7 pemain yang coba disodorkan untuk Moyes jika klub kesayangannya itu tak ingin semakin terpuruk.


"Jika Anda ambil Paul Pogba (Juventus), Marco Reus (Borussia Dortmund), Luke Shaw (Southampton) dan Arturo Vidal (Juventus), mereka tentu sangat cocok dengan filosofi Manchester United," kata Neville.


Selain keempat pemain itu, kakak dari Phill Neville ini juga merekomendasikan gelandang Paris Saint-Germain, Lucas Moura, gelandang Borussia Dortmund, Ilkay Gundogan, dan gelandang Schalke 04, Julian Draxler.


"Mereka pemain-pemain muda yang masih terus berkembang dan punya potensi menjadi pemain-pemain kelas dunia. Mereka pemain bagus saat ini dan sangat sesuai untuk MU," tegasnya. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya