Olimpiade 2016

10 Pemain Afrika Selatan Redam Agresivitas Brasil

Pertandingan Brasil melawan Afrika Selatan di ajang Olimpiade 2016
Sumber :
  • REUTERS/Ueslei Marcelino
VIVA.co.id
Neymar Segera Rambah Hollywood
- Tuan rumah, Brasil, harus puas bermain imbang melawan 10 orang pemain Afrika Selatan (Afsel). Tim Samba hanya mampu bermain imbang 0-0 kontra Afsel, dalam laga perdana Grup A Olimpiade 2016, yang digelar di Estadio Nacional de Brasilia, Jumat 5 Agustus 2016 dini hari WIB.

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade
Brasil yang ditangani oleh pelatih, Rogerio Micale, dihuni oleh beberapa nama bintang muda yang tengah naik daun. Ada defender Paris Saint-Germain (PSG), Marquinhos, gelandang serang Lazio, Felipe Anderson, dan tentunya bintang Barcelona, Neymar, yang diplot memegang ban kapten dalam laga ini.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya
Memulai babak pertama, Afsel diluar dugaan justru mampu lebih dulu membuat peluang emas saat laga baru berjalan tiga menit. Adalah aksi Lebo Mothiba yang mampu menusuk pertahanan Brasil. Sayang, aksi Mothiba berhasil dihentikan oleh kiper Brasil, Weverton.

Meski punya kualitas pemain di atas lawannya, Brasil tak dengan mudah mampu menembus pertahanan solid yang diterapkan Afsel. Brasil baru bisa menciptakan peluang di menit 16 lewat pergerakan Gabriel Jesus. Namun, peluang tersebut justru tak bisa dimaksimalkan penyerang baru Manchester City ini.

Tempo permainan mulai meninggi saat laga babak pertama berjalan 30 menit. Neymar mendapatkan peluang pertamanya di menit 29, lewat sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola sepakannya berhasil ditepis kiper Afsel, Itumeleng Khune.

Peluang Brasil lewat sepakan Felipe Anderson menit 36 juga masih belum maksimal. Bola hasil tendangan Anderson masih menyamping di sisi kiri gawang Afsel. Pun dengan tendangan Neymar yang kembali bisa digagalkan Khune menit 41.

Hingga pertandingan babak pertama usai, kedua tim sama-sama belum bisa memecah kebuntuannya. Skor imbang tanpa gol jadi hasil sementara.

Memasuki babak kedua, baik Brasil dan Afsel tetap bermain terbuka. Afsel yang mampu mengimbangi permainan Brasil, sempat membuat peluang di awal babak pertama lewat aksi Keagan Dolly dan Menzi Masuku. Sayang kedua peluang tersebut belum membuahkan hasil.

Pun dengan Brasil. Meski tampil di depan publik sendiri, Neymar cs nyatanya kesulitan untuk memaksimalkan sejumlah peluang yang didapat. Peluang Gabriel Barbossa dan Felipe Anderson yang juga masih belum bisa maksimal.

Petaka datang menimpa Afsel di menit. Afsel harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Mothoni Mvala diusir wasit akibat melakukan pelanggaran keras terhadap Ze Carlos.

Meski unggul jumlah pemain, Brasil tetap saja kesulitan mencetak angka. Brasil kembali gagal memanfaatkan peluang emas di menit 69. Tembakan Gabriel Jesus yang sudah berdiri di depan mulut gawang, justru membentur tiang gawang Afsel. Peluang lewat sepakan Neymar menit 73 juga masih tipis di atas mistar gawang Afsel.

Dua peluang lainnya yang dibuat Gabriel Barbossa juga tak bisa memecah kebuntuan Brasil. Akhirnya, hingga pertandingan kedua tim sama-sama tak mampu menciptakan gol. Skor imbang 0-0 membuat Brasil harus puas berbagi poin dengan Afsel.

Dalam laga Grup A lainnya, wakil Asia Irak sukses menahan imbang wakil Eropa Denmark 0-0. Dalam laga yang juga digelar di Estadio Nacional de Brasilia, Irak diluar dugaan mampu membombardir pertahanan Denmark. Sayangnya, Irak harus puas dengan hasil imbang tanpa gol.

Susunan Pemain:

Brasil: Weverton (gk); Ze Carlos, Marquinhos, Rodrigo Caio, Douglas Santos (William'84), Felipe Anderson (Luan'60), Thiago Maia, Renato Augusto (Rafinha'67), Gabriel Barbossa, Gabriel Jesus, Neymar.

Afrika Selatan: Itumeleng Khune (gk); Eric Mathoho, Mothobi Mvala, Rivaldo Coetzee, Menzi Masuku (Tashreeq Morris'58), Maphosa Modiba (Phumlani Ntshangase'70), Lebo Mothiba, Keagan Dolly, Gift 

Motupa, Deolin Mekoa, Abbubaker Mobara.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya