Software Webcam Besutan HP Rasis?

VIVAnews - Hewlett Packard (HP) selama ini dikenal dengan teknologi-teknologi yang cukup inovatif. Tapi ternyata inovasi dari HP tidak semuanya berlaku universal. Buktinya baru-baru ini teknologi software web camera besutan HP dituduh rasis.

Kenapa? Karena ternyata software face recognition (pengenal wajah) besutan HP itu tidak bisa bekerja dengan baik saat dihadapkan dengan wajah orang kulit hitam. Hal itu terungkap setelah baru-baru ini muncul sebuah video viral di YouTube yang ramai di bicarakan.

Video tersebut 'menggugat' teknologi HP Deluxe Web Camera yang memiliki fitur 'facial track technology'. Seharusnya, dengan teknologi tersebut, kamera web HP Deluxe mampu mengenali wajah seseorang dan secara otomatis mengikuti gerak-gerik wajah tersebut.

Dalam video di YouTube tadi, web kamera HP Deluxe itu tidak kesulitan saat dihadapkan dengan wajah Wanda, seorang wanita kulit putih. Kamera web bisa mengikuti gerak wajah Wanda ke kanan-kiri, melakukan zoom in dan zoom out saat wajah Wanda maju-mundur.

Namun ketika kamera web itu dihadapkan dengan wajah Desi, seorang pria kulit hitam, ternyata, kamera gagal melakukan hal yang sama. Kamera tetap bergeming walau wajah Desi goyang-goyang kesana kemari.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel



"Saya pikir kulit saya yang hitam mempengaruhi kemampuan alat untuk mengikuti gerakan wajah saya," ujar Desi. Selanjutnya, sambil tersenyum Desi berkata, "Hewlett-Packard computers are racist.”

Sementara itu, pihak HP sendiri terkejut dengan kejadian ini. "Kami telah diinformasikan tentang adanya masalah dengan software facial tracking di beberapa sistem HP. Sepertinya hal semacam itu bisa terjadi akibat kurangnya cahaya di latar muka (foreground)," ujar juru bicara HP, dikutip oleh situs BBC.

Selanjutnya, HP mengaku sangat serius untuk menangani hal ini, dan sedang berusaha keras untuk mengatasi masalah tersebut bersama mitra-mitra mereka.

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Simak sejumlah artikel yang masuk deretan terpopuler dalam kanal News VIVA sepanjang Kamis, 25 April 2024. Salah satunya soal pertemuan Prabowo dengan Cak Imin.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024