Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Kepala Eksekutif Meta Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Deadline

VIVA Tekno – CEO Meta, Mark Zuckerberg dikabarkan ingin membuat operating system (OS) untuk perangkat virtual reality (VR). Proyek ini dikerjakan bersama Microsoft, Lenovo dan Asus.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Kacamata pintar buatan Meta diberi nama Quest dan menggunakan sistem operasi Horizon.

Apple Vs Meta.

Photo :
  • Adweek
iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Gebrakan Meta ini dikabarkan akan membagi industri VR menjadi dua kubu. Sebagaimana diketahui, pada Januari lalu, Apple merilis VR seharga USD 3.500 bernama Apple Vision Pro menggunakan sistem operasi visionOS.

Menurut Mark, langkah ini bakal menghasilkan situasi serupa dengan pasar smartphone. Jika di pasar smartphone ada pertarungan antara IOS dan Android, di pasar VR ada Horizon dengan visionOS milik Apple.

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Mark berpandangan, harga VR saat ini masih terlalu mahal dan ekosistemnya masih tertutup. Oleh sebab itu, dia berharap dengan hadirnya Horizon dapat mendorong perusahaan elektronik untuk memproduksi perangkat yang lebih murah menggunakan OS buatan Meta.

"Di tiap era komputasi, selalu ada model yang tertutup dan terbuka. Apple sukses dengan model smartphone tertutup. (iPhone) dikendalikan dengan ketat, mereka membatasi apa yang mereka izinkan untuk Anda lakukan. Cara ini tidak harus dilakukan," tegas Zuckerberg dikutip dari CNBC Internasional Kamis, 25 april 2025.

"Sasaran kami adalah menjadikan perangkat pintar sebuah industri model terbuka lagi lewat metaverse, kaca mata, dan headset," sambungnya.

Meta Indonesia.

Photo :
  • Dok. Meta Indonesia
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya