iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

iPhone 16
Sumber :
  • MacRumors

VIVA Tekno – iPhone 16 akan memiliki tombol misterius. Yang dimaksud adalah bukan sifatnya yang gaib, melainkan beralih menggunakan tombol kapasitif (non-fisik) untuk perangkat yang akan dirilis September 2024.

iBox Obral Macbook Pro M1, Harganya Jadi Murah Banget

Sebelum dirilis, iPhone 15 Pro diperkirakan akan mendapatkan tombol volume dan daya kapasitif, sebelum Apple dilaporkan membatalkan keputusannya untuk menyertakan tombol kapasitif pada iPhone 15 Pro karena keterbatasan waktu.

Kemudian, muncul informasi yang menyebutkan bahwa iPhone 16 mungkin menampilkan tombol kapasitif baru, yang secara internal dikenal sebagai tombol "Capture", sementara tombol lainnya masih tombol fisik.

iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Kini, informasi terbaru menunjukkan bahwa keempat tombol iPhone 16 – yaitu tombol Aksi, tombol Daya, tombol volume, dan tombol “Capture” yang misterius – pada keempat model iPhone 16 akan bersifat kapasitif, dengan Apple tampaknya siap meninggalkan penggunaan tombol fisik di berbagai perangkatnya mendatang.

Apple Bagi-bagi Undangan

iPhone 16.

Photo :
  • MacRumors

iPhone 16.

Photo :
Informasi ini datang dari outlet China Economic Daily (melalui AppleInsider), yang melaporkan bahwa mitra lama rantai pasokan Apple Advanced Semiconductor Engineering (ASE) telah mendapatkan pesanan produksi dalam jumlah besar untuk sejumlah komponen kapasitif iPhone 16.

AppleInsider mencatat bahwa nama kode internal Apple untuk transformasi kapasitif semua tombol iPhone 16 adalah “Project Bongo”.

Sebelumnya, "Project Atlas" secara eksklusif mengacu pada transformasi kapasitif tombol aksi, sehingga tampaknya perusahaan tersebut akhirnya bergerak maju dengan peralihan skala penuh ke tombol solid-state.

Rumor ini sebaiknya ditanggapi dengan skeptisme. Economic Daily mengklaim bahwa ASE “diperkirakan akan memasuki fase pengiriman besar-besaran pada kuartal ketiga,” namun lini iPhone 16 diperkirakan akan diluncurkan pada September (awal kuartal keempat).

Dengan begitu, informasi tersebut kemungkinan salah, atau hanya berlaku untuk komponen kapasitif tertentu (seperti tombol "Capture", misalnya). Economic Daily melaporkan bahwa iPhone 16 akan menampilkan dua motor Taptic Engine yang memberikan umpan balik getaran saat tombol kapasitif ditekan, mungkin dengan cara yang mirip dengan tombol Home di iPhone SE (2022) atau trackpad di MacBook terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya