XL Resmi Akuisisi Axis Rp9,8 Triliun

Ilustrasi merger XL Axiata dan Axis
Sumber :
  • spinifexit.com
VIVAnews
Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna
- PT. XL Axiata Tbk mengumumkan perseroan telah menyelesaikan proses akuisisi PT Axis Telekom Indonesia dengan nilai transaksi US$865 juta atau sekitar Rp9,8 triliun

Asosiasi Pede Tembakau Alternatif Punya Risiko Lebih Rendah dari Rokok Konvensional

Kesepakatan itu telah tercapai kemarin, Selasa 19 Maret 2014 di Menara Prima, Mega Kuningan, dengan penandatanganan dokumen penyelesaian transaksi antara XL dan Saudi Telecom Company (STC).
Rektor UNRI Cabut Laporan atas Mahasiswa yang Protes UKT Naik


Penandantanganan disaksikan oleh
Chief Operating Officer
PT Xl Axiata Tbk, William Lucas Timmermans, Direktur Utama PT Axis Telecom Indonesia, Erik Aas dan Group CFO STC, K. Ravi Kumar.


Dengan transaksi tersebut, berarti XL secara resmi menyelesaikan proses akuisisi dan menjadi pemegang saham mayoritas di Axis.


"Kami bersyukur dapat melalui tahap finalisasi akuisisi Axis. Dengan selesainya ini, maka XL resmi menjadi pemegang saham Axis," ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL dalam keterangan tertulis, hari ini.


Sebelumnya untuk resmi mengakuisisi Axis, XL telah memperoleh persetujuan yang dipersyaratkan sebelumnya dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement/CSPA).


Persyaratan itu meliputi persetujuan dari Kemeninfo, pemegang saham XL melalui Rapat umum pemegang Saham Luar Biasa, pernyataan tidak ada efektif dari Otoritas jasa Keuangan, pernyataan tidak ada keberatan dari Bursa efek Indonesia, persetujuan dari Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) untuk rencanan akuisisi dan persetujuan dari Komisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU) terhadapa rencana akuisisi dan merger XL-Axis.


Hasnul menambahkan pasca selesainya akuisisi tersebut, XL akan melanjutkan rangkaian proses finalisasi merger sesuai ketentuan aturan yang berlaku.


Guna membiayai akuisisi senilai US$865 juta itu, XL mendapat pinjaman dari Axiata selaku pemegang saham XL sebesar US$500 juta, sisanya yakni US$365 juta didapatkan dari pinjaman pihak ketiga melalui Bank UOB, bank of Tokyo-Mitsubishi dan Bank DBS.


"Upaya XL melakuka akuisisi dan meger Axis ini akan mendukung industri telekomunikasi yang lebih sehat dan menciptakan efek ganda yang luar biasa bagi perekonomian nasional," ujar Hasnul.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya