Masa Depan, Air Jadi Bahan Bakar

Bahan bakar jenis baru yang dikembangkan Audi.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id - Peneliti Inggris telah menemukan cara mendapatkan bahan bakar yang cukup efisien dan ramah lingkungan. Ahli kimia Universias Reading, Inggris mengklaim telah mampu menemukan bahan yang memungkinkan mengubah .

Dalam menciptakan rekayasa tersebut, para pakar membuat katalis yang meniru cara tanaman menyerap energi dari matahari. Sebagaimana diketahui tanaman bisa dengan mudah memilah air menjadi hidrogen dan oksigen. Dengan tersebut, maka proses untuk memisah air menjadi hidrogen dan oksigen menjadi relatif lebih mudah.

Nah dalam studi mereka, tim ahli mengatakan bahan baru yang mereka ciptakan berpotensi menghasilkan hidrogen dari sel bahan bakar dan bisa digunakan untuk mengubah karbon dioksida dari udara menjadi bahan bakar berbasis karbon, seperti methanol.

"Menemukan bahan yang bisa membantu menciptakan bahan bakar tersedia dalah salah satu pencapaian sains. Sementara kita masih punya jalan panjang, temuan kami bisa jadi langkah maju signifikan untuk mencari bahan bakar yang lebih murah dan ramah lingkungan," ujar Ricardo Grau-Crespo, doktor peneliti Departemen Kimia Universitas Reading, dikutip dari IB Times, Jumat 23 Oktober 2015.

Peneliti mengatakan proses yang diciptakan ingin melahirkan hal yang efisien. Untuk mencapai hal itu peneliti menggunakan fotokatalis, bahan yang menyerap cahaya dari matahari. Bahan ini difungsikan untuk membangkitkan elektron ke tingkat energi yang lebih tinggi.

Elektron tersebut beserta ruang kosong yang ditinggalkan disebutkan mampu mendorong energi untuk memecah air menjadi oksigen dan hidrogen.

Namun ada tantangan dalam menemukan fotokatalis. Sebab bahan ini bisa dibilang rumit karena sifatnya yang harus tetap agar memungkinkan reaksi berlangsung.

Penelit mengatakan salah satu bahan fotokatalis terbaik yang tersedia adalah titanium oksida. Nah titanium ini sayangnya tidak terlalu efisien untuk menghasilkan lebih dari jumlah kecil hidrogen. Sebab titanium hanya bisa menyerap energi dari sinar ultraviolet.

Guna menemukan calon fotokatalis yang potensial dalam reaksi produksi bahan bakar, tim peneliti menggunakan simulasi superkomputer.

Dari situ peneliti menemukan beberapa kerangka logam organik yang menggabungkan atom logam dan molekul organik, menunjukkan struktur elektronik ideal yang diperlukan untuk mengkatalisasi reaksi tersebut.

Grau-Crespo mengatakan tantangan ke depan adalah menggabungkan katalis alam menjadi bahan yang menjalankan pekerjaan kimia tertentu.

"Jika bisa melakukan hal ini, bisa menyebabkan konversi energi matahari sampai enegi kimia yang sangat efisien. Ini juga menjadi sumber snergi yang bisa ditransfer, disimpan dan bersih," kata dia.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Journal of Materials Chemistry A  yang diterbitkan Royal Society of Chemistry.

VIDEO: Mobil Berbahan Bakar Air Ini Ciptaan Pria Tuna Aksara
Astronot NASA berlatih di dasar laut

Ada Potensi Bahan Bakar Tersembunyi di Bawah Samudera

Bahan bakar yang dimaksud adalah gas hidrogen

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016