Usai Gempa Mentawai, XL Terus Pantau Layanannya

Ilustrasi BTS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Operator telekomunikasi XL Axiata mengungkapkan, layanannya tidak mengalami kendala, meski gempa bumi melanda Kepulauan Mentawai dan sejumlah daerah di Sumatera Barat pada Rabu kemarin, 2 Maret 2016.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia
Bahkan, menurut Vice President West Region XL, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, layanan XL di pesisir pantai Sumatera Barat, yang terasa guncangan paling keras akibat gempa tersebut juga tidak ada gangguan.
 
XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE
"Sejauh ini pengecekan yang telah kami lakukan tidak ada yang menunjukkan gangguan sama sekali atas dampak gempa pada jaringan dan infrastruktur XL di semua bagian di sepanjang Pesisir Barat Sumatera," ujar  dalam siaran persnya, Kamis, 3 Maret 2016.
 
Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat
Untuk mengatisipasi kondisi yang tidak diinginkan, XL telah mengerahkan petugasnya di lapangan untuk bersiaga dan memastikan kondisi jaringan berjalan dengan baik. Sebab, dikatakan Francky, gempa susulan terus terjadi di daerah tersebut.
 
Sebagai informasi, saat ini di seluruh Sumatera Barat terdapat sekitar 400 BTS, yang melayani sekitar 600 ribu pelanggan. Di Padang saja, XL memiliki 105 BTS dengan pelanggan sekitar 390 ribu.
 
"Selain mencermati kondisi jaringan, XL juga memantau kondisi masyarakat pasca gempa. Hal ini untuk menyiagakan bantuan jika sewaktu-waktu gempa terjadi lagi dan berdampak sosial kepada masyarakat," imbuh Francky.
 
Sebelumnya juga, operator telekomunikasi lainnya, yaitu Telkomsel memastikan layananya beroperasi seperti biasanya, tidak ada kendala berarti. Begitu juga yang dirasakan oleh induk perusahaan Telkomsel, Telkom Indonesia bahwa gempa bumi Mentawai tidak membuat layanannya terhambat, baik telepon rumah dan internet.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya