Ilmuwan Temukan Fosil Naga Laut Berpembuluh

Naga
  • U-Report

VIVA.co.id – Tim ilmuwan dari Polandia baru-baru ini menemukan fosil tulang hewan reptil raksasa yang diperkirakan hidup di zaman Trias, atau sekitar 250 tahun silam. Anehnya, fosil tulang yang ditemukan ilmuwan tersebut masih lengkap dengan pembuluh darah yang melekat pada fosil tulang.

Dilansir XinhuaNet, Selasa 22 Maret 2016, tim ilmuwan Polandia yang terdiri atas Universitas Silesia, Jagiellonian University, Polandia Academy of Sciences, dan Taman Sains dan Evolusi Manusia di Krasiejow tersebut, menggambarkan penemuan mereka di majalah ilmiah PLoS One.

Mereka menceritakan, saat ekspedisi ke kota Gogolin di wilayah Opole, dan di kota-kota kabupaten Silesia dan Zyglinie, Polandia. Mereka menemukan fosil tulang dari hewan zaman Trias, yakni Nothosaurus dan Tanystropheus.

Ternyata, pada fosil tulang kedua hewan reptil raksasa itu masih dilengkapi dengan pembuluh darah. Mereka pun cepat mengambil tindakan mengawetkan dengan teknik mineralisasi.

“Di dalam pembuluh darah yang diawetkan, asam amino dan fragmen protein, termasuk kolagen ditemukan, berkat penggunaan peralatan paling canggih,” ucap para peneliti.

Tim ilmuwan pun melakukan metode penelitian lanjutan, termasuk lingkungan dengan scanning mikroskop elektron, Fourier Transform spektroskopi inframerah, dan spektroskopi X-ray fotoelektron.

Mereka menyampaikan, penemuan besar ini akan membuka pintu baru bagi sejarah ilmu pengetahuan, di mana para ilmuwan bisa mempelajari lebih lanjut tentang morfologi organisme prasejarah.

Diketahui, Nothosaurus dan Tanystropheus juga dikenal dengan istilah naga laut, karena jenis reptil raksasa ini hidup di laut dan memangsa ikan-ikan. Mereka memiliki panjang tubuh dari 10 hingga 20 kaki.

Geger Fosil Tanda Akhir Zaman Ditemukan
Kejanggalan Bermunculan Setelah Arkeologi Otak Atik Fosil Ini

Ngeri, Kejanggalan Bermunculan Setelah Otak Atik Fosil Mengerikan Ini

Penemuan luar biasa di Pegunungan Alpen Italia pada tahun 1931 telah memicu kebingungan dalam pemahaman evolusi reptil selama hampir satu abad.

28 Februari 2024