XL Curhat Soal Kerja Sama Infrastruktur Jaringan

BTS XL Axiata di Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk (XL), Dian Siswarini mengimbau, agar pemerintah segera mengeluarkan aturan mengenai kerja sama infrastruktur jaringan, atau network sharing.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

"Kami minta supaya ada regulasi yang lebih jelas mengenai network sharing, supaya bisa membawa efisiensi," ujar Dian di acara Indonesia LTE Conference 2016, di Balai Kartini, Jakarta, Kemarin petang.

Dian mengatakan, kerja sama infrastruktur jaringan oleh para operator akan membawa efisiensi industri dari 20 hingga 50 persen.

XL Axiata Lagi Semringah

Sementara itu, XL sudah bekerja sama network sharing 4G LTE dengan Indosat Ooredo melalui model kerja sama Multi Operator Radio Access Network (MORAN). Melalui kerja sama itu, XL dan Indosat menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota, seperti Batam, Surakarta, Banyumas, dan Banjarmasin.

Keduanya pun menyatakan, kerja sama itu akan diekspansi ke kota-kota lainnya, tetapi masih terkendala soal regulasi yang belum mengatur terkait kerja sama infrastruktur jaringan.

XL Axiata Akuisisi Link Net

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Rudiantara pada kesempatan yang sama langsung menjawab 'keluhan' XL tersebut. Pria yang akrab disapa chief RA itu mengatakan, regulasi mengatur kerja sama infrastruktur jaringan sudah diatur oleh pemerintah.

"Untuk network sharing, itu sudah pasti. Semester kedua tahun ini dipastikan sudah keluar regulasinya," ujar dia. (asp)

Menara BTS XL Axiata.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

XL Axiata terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jaringan data guna mengimbangi peningkatan trafik penggunaan oleh pelanggan dari tahun ke tahun.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2022