Gojek Akuisisi Tiga Fintech Lokal

Lobi Kantor Gojek Indonesia di Jakarta.
Sumber :
  • Rintan Puspitasari / VIVa.co.id

VIVA – Perusahaan transportasi online Indonesia, Gojek, resmi mengakuisisi tiga perusahaan teknologi keuangan (fintech) lokal, yaitu Kartuku, Midtrans dan Mapan.

Transaksi Grup GoTo Q1-2024 Meningkat, Kerugian Mulai Dipangkas

Mengutip situs Reuters, Jumat, 15 Desember 2017, aksi korporasi ini dilakukan karena berkembang dari penawaran umum dan penawaran on-demand mobile lainnya ke dalam pembayaran dan layanan lainnya.

Menurut CEO Gojek Nadiem Makarim, akuisisi akan mengambil kartu debit gabungan, kartu kredit dan transaksi dompet digital (e-wallet) hingga mendekati US$5 miliar (Rp67,56 triliun).

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Kendati demikian, total nilai akuisisi tidak diungkapkan. "Akuisisi akan mempercepat penyertaan keuangan bagi jutaan orang Indonesia dan merangsang produktivitas ekonomi di seluruh negeri," kata Nadiem.

Kartuku merupakan perusahaan pengolahan pembayaran offline, sementara Midtrans adalah gateway pembayaran online dan Mapan merupakan jaringan simpan pinjam.

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

Gojek, yang didukung oleh perusahaan ekuitas swasta KKR & Co LP dan Warburg Pincus LLC, bersaing dengan Uber Technologies asal AS dan Grab yang berbasis di Singapura untuk memikat pelanggan di pasar Asia Tenggara, yang menampung 600 juta pengguna.

Menurut pernyataan tersebut, Go-Jek saat ini memiliki 15 juta pengguna aktif mingguan dan memproses 100 juta transaksi per bulan.

VIVA Otomotif: Booth Honda di IIMS 2023

Daftar Mobil yang Cocok Buat Taksi Online, Segini Cicilan Per Bulannya

Ada banyak mobil yang cocok sebagai taksi online, umumnya mobil di kelas LCGC menjadi pilihan karena harga barunya terjangkau, seperti Calya, Brio Satya, Ayla, dan Agya..

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024