Berburu Aneka Kuliner di Jakarta Halal Food Festival 2016

Konferensi pers menyambut Jakarta Halal Food Festival 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Al Amin

VIVA.co.id – Warga Ibu Kota dan sekitarnya, bersiaplah berburu kuliner halal akhir pekan ini. Jakarta Halal Food Festival (JHFF) 2016 akan digelar di pusat perbelanjaan Blok M Square Jakarta pada 17 – 18 Desember 2016.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

Event yang kali pertama diadakan di Indonesia ini bertujuan untuk lebih mempersiapkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kuliner dalam menghadapi persaingan global.

Ketua Panitia JHFF 2016, Rizky Diansyah mengatakan JHFF 2016 akan diadakan di venue outdoor (terbuka) dengan konsep bazaar makanan dan minuman.

Festival Nasi Online, Pasar Kuliner Lokal yang Bikin Kenyang

"Dalam dua hari acara, kami menargetkan lebih dari 4.000 pengunjung yang hadir," kata Rizky saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis 15 Desember 2016.

Rizky mengatakan JHFF 2016 membuka kesempatan kepada UMKM dan UKM kuliner untuk ikut serta, baik yang belum tersertifikasi dan yang sudah tersertifikasi halal.

Jelang Imlek, Ada Wisata Kuliner dan Event Menarik di Sini

"Untuk yang belum tersertifikasi, JHFF akan memfasilitasi agar mendapatkan sertifikasi halal tersebut," tuturnya.

Dengan adanya sertifikasi halal tentunya hal tersebut menjadi nilai tambah serta hal positif untuk UMKM dan UKM kuliner yang kini tumbuh pesat tersebut. Sertifikasi akan dilakukan berdasarkan PERGUB DKI Jakarta no 158 tahun 2013, tentang Tata Cara Sertifikasi Halal Restoran dan Non Restoran.

Lia Marliana yang juga menjadi penggagas acara tersebut menambahkan, gelaran JHFF ini sebagai bentuk dorongan kepada UMKM Indonesia agar semakin kompetitif dalam menghadapi persaingan global yang semakin memperhitungkan pentingnya gaya hidup halal.

"UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pelopor dalam menerapkan sertifikasi halal. Jangan sampai justru negara-negara lain yang menikmati manisnya peluang dalam bisnis halal ini," ujar Lia.

Karena itu, Lia optimis JHFF akan menjadi ajang yang tepat bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk menangkap peluang bisnis halal yang terbukti semakin populer di masyarakat global.

“Di ajang ini pula para pelaku UMKM bisa menjalin networking dengan berbagai pihak yang memiliki kompetensi bagus untuk memperkuat daya saing mereka,” tambahnya.

Indonesia merupakan potensi pasar yang luar biasa besar dalam wisata halal, kuliner halal maupun bisnis halal lain. Karena itu wajar jika negara-negara lain begitu mengincar pasar Indonesia yang besar itu.

"UMKM harus mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam bisnis halal. Jika perlu harus mampu mempengaruhi pasar di negara lain," tambahnya.

Acara JHFF 2016 juga didukung penuh oleh banyak pihak. Di antaranya MUI DKI Jakarta, LPPOM DKI, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia DKI (JPMI DKI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI, KNPI DKI, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), Indonesia Halal Center, Asosiasi Chef Halal, Surga pruener serta beberapa komunitas halal yang ada di Indonesia, seperti Dapur halal Community, Salimah Community, Nasyid Community, Komunitas Jazz Kemayoran dan masih banyak lagi. Sejumlah komunitas motor pun akan turut serta di acara halal food festival seperti MP3 Indonesia, Maxi Scooter Indonesia, Victory Riders Indonesia, Fire Bird Indonesia, Move Indonesia dan masih banyak lagi.

Selain itu, acara JHFF 2016 akan dimeriahkan oleh berbagai macam hiburan dan talk show. Mulai dari music tradisional Cilacap ( Calung ), Jazz Gathering, Sweet Rock Memories Band, Lawas Nite, Halal Cooking Competition, Halal Cooking Demo, Nasyid Competition dan lainnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya