Nuansa Dinasti Qing dalam Instalasi Busana 10 Desainer RI

Spring Emperor Installation di Senayan City
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Nuansa kekaisaran China abad ke-17 akan langsung terasa kala menginjakkan kaki di main atrium Senayan City, Jakarta Selatan. Sebuah instalasi busana mewah bertajuk Spring Emperor Installation memang sengaja dipilih untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 28 Januari mendatang.

5 Desainer Indonesia Pamer Koleksi Busana Muslim ke London

"Ini adalah sebuah instalasi yang menggabungkan seni dan fesyen yang terinspirasi dari Dinasti Qing, di mana keanekaragaman budaya China dikemas dalam bentuk modern tanpa menghilangkan keunikan dari budaya China," kata Halina Ng, Marketing Director Senayan City kepada VIVA.co.id, Rabu, 18 Januari 2017.

Instalasi busana yang terinspirasi dari Dinasti Qing yang berjaya pada abad 17 dan 18 dimeriahkan dengan rancangan busana bernuansa Tiongkok. Busana tersebut sengaja dipersiapkan oleh 10 desainer Tanah Air.

Tenun dan Batik Indonesia Siap Pukau London Fashion Week

"Mereka adalah Andreas Odang, Ari Saputra, Danny Satriadi, Hian Tjen, Mel Ahyar, Rinaldy A. Yunardi, Sapto Djojokartiko, Sebastian Gunawan, Stella Rissa, dan Yogie Pratama," kata Halina.

Seperti salah satunya busana Andreas Odang bertema Autumn’s Golden Wind.  Andreas menjelaskan bahwa koleksi tersebut terinspirasi puisi-puisi klasik China mengenai kisah cinta seorang gadis dengan seorang tentara perang yang harus berpisah, karena sang tentara harus berjuang dan dia menepati janjinya untuk kembali. Sang gadis menunggu dengan setia hingga suatu hari mereka bertemu kembali.

Kiat bagi Desainer Muda Untuk Eksis di Dunia Fashion

Di samping itu, berbagai penampilan turut memeriahkan program Prosperous Spring, di antaranya Parade of Dynasty Emperor Warrior yang menampilkan parade King & Queen beserta prajurit dalam busana Dinasti China, Swing of Empire (lampion dan selendang pelangi), Payung Merah, Kai Men Hong, Dewi Tangan Seribu, Wushu Heroes, Barongsai & Liong Spectacle, Oriental Mini Orchestra, Moonlight Symphony, Sunday Lounge, dan Silhouette.

"Melalui instalasi ini, kami juga ingin terus bekerja sama mengapresiasi dalam memberi ruang bagi desainer Indonesia untuk menampilkan karya-karyanya agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas", ujarnya. (art)

Salah satu karya desainer Indonesia yang bakal dibawa ke Tokyo.

Busana 5 Desainer Indonesia akan Melenggang di Tokyo

Karya mereka akan dipamerkan di Amazon Fashion Week Tokyo 2018.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2018