Keren, Pabrik Semen Tua Diubah Jadi Hunian Elegan

Pabrik yang disulap menjadi hunian karya seniman ternama
Sumber :
  • youtube

VIVA – Tidak seluruh bangunan terbengkalai menyeramkan dan dipenuhi oleh penghuni tak kasat mata. Seperti halnya sebuah pabrik terbengkalai satu ini, di tangan seorang arsitek hebat. Ia mengubah pabrik tua terbengkalai menjadi hunian yang artistik dan sangat indah. 

Unik, Furnitur Ini Terinspirasi dari Budaya Indonesia

Seperti dilansir dari Fresh Home, Ricardo Bofill yang merupakan pemilik, dan pencipta gagasan mengubah sebuah pabrik semen tua menjadi hunian, sekaligus ruang pameran yang sangat indah. 

Hunian Vertikal Ini Punya Desain Art in Motion yang Tak Biasa

Dengan luas lebih dari 3.100 meter persegi pabrik tua tersebut diubah total menjadi sebuah hunian lengkap dengan ruang kantor, perpustakaan, ruang pameran, kamar tamu, dan halaman yang sangat indah. 

Bikin Suasana Rumah Nyaman, Ini Saran Pakar

Tidak seluruh bagian pabrik semen tersebut dihancurkan, sang arsitek memilih mempertahankan sebagian besar bangunan bergaya kontemporer dengan bangunan yang lebih modern. 

Dengan menghancurkan beberapa struktur, dan memaparkan unsur-unsur yang sebelumnya tersembunyi, seperti pilar-pilar dan tabung pembuat semen bekas yang mengantung, memberikan sentuhan artistik yang indah pada interior ruangan. 

Pada bagian luar tidak kalah ikonik dibandingkan dengan bagian dalam yang mencermikan sisi kontemporer yang indah. Pilar-pilar dan bangunan melengkung yang menjulang tinggi diubah menjadi sebuah perkebunan yang indah. 

Dengan tanaman rambat yang menjulur pada kaki-kaki pilar hingga badan bangunan, yang dipadukan dengan kebun berisi berbagai pepohonan seperti kayu putih, palem, zaitun dan cemara melengkapi eksterior serta membuat bangunan tersebut terlihat mewah dan menyatu dengan alam. 

Selain dijadikan tempat untuk berjalan-jalan taman ini juga dilengkapi beberapa tempat bersantai untuk duduk-duduk sembari membaca hingga piknik. Pada awal pembuatannya, bangunan ini sempat dibuka untuk umum selama dua tahun, sebelum digunakan sebagai tempat tinggal pemilik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya