Penyakit Menular Intai Pelancong

Grand Desain Bandara Soekarno-Hatta (khusus galeri foto)
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAlife - Wisata kuliner kerap menjadi bagian terpenting bagi para pelancong alias traveller saat berpergian ke suatu daerah yang baru mereka kunjungi.

Tapi, tahukah Anda kalau mereka sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit yang ditularkan melalui makanan. Jika Anda salah satu dari mereka, tentu Anda tidak ingin hal ini menganggu perjalanan Anda bukan?

Nah, ini dia beberapa hal yang wajib Anda terapkan agar perjalanan Anda tetap menyenangkan.

1. Agar tak diare
Diare sering kali terjadi pada para travellers karena lazimnya, mereka ingin selalu mencoba makanan khas pinggir jalan yang mereka temui saat berpetualang.  Karena menjadi penyakit yang paling sering menimpa para traveller, penyakit ini pun dikenal dengan sebutan Travellers' Diarrhea (TD).

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Tingkat serangan TD berkisar dari 30-70 persen, tergantung tempat tujuan perjalanan. Lazimnya, diare bisa dicegah dengan memastikan kematangan makanan, dan  mengupas kulit pada makanan. Tapi, yang terpenting adalah memastikan tempat makan yang Anda kunjungi memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Selain,  memperhatikan kebersihan makanan, selalu bawa obat diare kemana pun Anda pergi.

2. Hindari minum air keran
Di beberapa negara, tersedia air minum keran yang dapat Anda dapatkan secara gratis. Jika haus Anda tinggal menyalakan keran dan minum air yang mengucur di atasnya. Air keran ini pun tersedia di banyak titik jalan, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Tapi, Anda tidak akan tahu apakah air  tersebut adalah air yang benar-benar bersih dan terhindar dari kuman penyakit atau tidak. Karenanya, sebisa mungkin hindari mengonsumsi air keran yang  tersedia di pinggir jalan.

3. Untuk menghindari kuman pada air minum
Sebisa mungkin Anda selalu membawa botol minum berisi air yang sudah Anda didihkan sebelumnya. Kalau tidak sempat, Anda bisa membeli air mineral kemasan dengan merek yang sudah terpercaya.

Pilihan lainnya, selalu siapkan tablet atau obat tetes pemurni air yang bisa Anda dapatkan di apotek. Obat ini dapat membunuh kuman beberapa saat di dalam air. Hal ini adalah metode populer untuk membuat air minum ketika berwisata, apalagi ketika Anda harus berwisata alam.

4. Aturan makan sayuran mentah
Anda bisa mengonsumsi sayuran mentah di restoran yang terjaga kebersihannya. Tapi, jika Anda mengunjungi negara-negara berkembang, sebisa mungkin hindari mengonsumsi sayuran mentah saat musim hujan. Sanitasi yang buruk di negara berkembang menjadi tempat yang paling cocok bagi bakteri untuk berkembang biak.

Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi sayuran yang sudah dimasak dengan benar. Juga, hindari mengonsumsi makanan yang dijajakan di pinggir jalan.

Berikut tips untuk memilih jajanan yang sehat:
- Periksa lingkungan sekitar restoran atau warung.
- Minum banyak air
- Pilih buah-buahan yang terlindungi kulit yang tebal seperti pisang.
- Pilih susu yang telah dipasteurisasi. (eh)

Arema FC

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Arema FC menolak anggapan sebagai tim paling diuntungkan oleh wasit karena banyak menerima hadiah penalti di Liga 1. Singo Edan menilai penalti yang mereka dapat murni.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024