Deteksi Kesehatan Paru-paru Via Ponsel, Bisa!

Paru-paru
Sumber :
  • oup.co.uk

VIVAlife - Klaim teknologi terdepan yang diusung smartphone besutan Apple, iPhone, dibuktikan dengan adanya aplikasi yang dapat mendeteksi kesehatan tubuh. Salah satunya, organ paru-paru yang kini sudah menjadi masalah kesehatan umum, seiring meningkatnya polusi dan tingkat perokok yang semakin hari semakin bertambah.

Aplikasi pendeteksi paru-paru ini diberi nama 'Spiro Smart'. Teknologi yang dihasilkan dari penelitian para ilmuwan di University of Washington. Mereka membuat metode sederhana yang sangat memungkinkan orang-orang untuk mengetahui kondisi kesehatan paru-paru mereka, termasuk masalah asma. Caranya, hanya dengan menghempuskan nafas ke iPhone.

Cara kerja aplikasi ini sebenarnya sama dengan Spirometer, alat medisĀ  yang biasa digunakan dokter untuk pemeriksaan kondisi paru-paru pasien. Hanya saja para ilmuwan ini menggantinya dengan alat khusus untuk menganalisa gelombang suara dan resonansi napas dari paru-paru. Suara tersebut yang kemudian dideteksi oleh aplikasi gratis ini.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Dikutip laman Txchnologist, pemimpin penelitian, Shwetak Patel, mengungkapkan ide awal pembuatan aplikasi ini karena meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk pemeriksaan paru-paru dengan harga yang murah.

"Kesadaran masyarakat, membuat mereka ingin melakukan pemeriksaan kesehatan paru-paru secara berkala. Mereka mencari harga yang murah dan hasil akurat. Kami memcobanya dengan menggunakan sarana mikrofon yang ada pada handphone."

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Aplikasi "sehat" ini menyusul AliveCor,yakni EKG monitor jantung yang telah ada sebelumnya. Juga perangkat sederhana yang dihubungkan dengan smartphone untuk diagnosa katarak. Kita tunggu kemudahan-kemudahan berikutnya! (eh)

Lokasi pembunuhunan wanita di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Seorang wanita bernama Maylani Boru Sitompul (45), ditemukan terkapar tak bernyawa di rumah kontrakan kekasihnya, Jalan Karya, Gang Sepakat, Kelurahan Karang Berombak, Ke

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024