Studi: Pria Botak Rentan Serangan Jantung

botak
Sumber :
VIVAlife - Masalah kerontokan rambut ternyata tak hanya milik wanita. Pria juga mengalaminya. Bahkan gangguan ini datang lebih awal, yakni di usia 20an. Waspada jika Anda, para pria mengalami kerontokan hebat. Ini bisa jadi pertanda awal kelainan pada jantung. Demikian hasi studi yang dilakukan enam ilmuan dari Universitas Tokyo.
Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Dalam studi ini mereka melibatkan 40ribu pria dengan masalah kebotakan. Ditemukan sebesar 69 persen pria beresiko menderita jantung koroner dikemudian hari, dibandingkan mereka yang tak punya masalah kerontokan rambut. 
Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

Para ahli mengatakan, kadar tetosteron tinggi dan kurangnya asupan darah ke folikel menyebabkan mereka kehilangan banyak rambut. Ditambah riwayat keluarga yang juga mengalami kebotakan. 
Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Selain itu, para ilmuan ini juga membuat hubungan antara masalah jantung dengan level kebotakan. Misal kebotakan ekstensif, kebotakan di bagian puncak kepala dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 48 persen. Kebotakan moderat sebesar 36 persen, dan kebotakan ringan sebesar 18 persen.

"Beberapa pria yang mengalami kebotakan pada bagian depan di usia dini sangat mungkin mengembangkan kebotakan bagian puncak di kemudian hari," kata David seperti dikutip dalam Daily Mail.

Akan tetapi seorang prosefor dari University College London, Patrick Wolfe mengatakan agar kita tidak terlalu khawatir dengan kondisi kebotakan rambut asalkan tetap menjaga gaya hidup sehat. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya