Studi: Bra Buat Payudara Jadi Loyo

Alessandra Ambrosio memamerkan bra mewah
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Sejak payudara mulai tumbuh, kaum hawa dibiasakan untuk mengenakan bra. Tujuannya adalah agar payudara tidak turun dan kendur. Tapi sebuah studi menunjukkan fakta lain. Wanita yang pergi ke luar tanpa bra dianggap menjadi pilihan tepat, jika dilihat dari faktor kesehatan.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Menurut hasil penelitian di Prancis, bra tidak memberikan banyak manfaat bagi wanita, dan benar-benar menbahayakan payudara di setiap waktunya, seperti yang dilansir
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Huffington post.

Penelitian tersebut melibatkan 330 wanita berusia 18-35 tahun. Sebanyak 50 orang dari mereka diminta untuk tidak memakai bra. Kemudian para peneliti melakukan pengukuran anatomi untuk mengetahui ada tidaknya perubahan orientasi menggunakan pengukur khusus, kaliper.


"Secara medis, fisiologis, dan anatomis, payudara tak mendapat manfaat dari melawan gravitasi," ujar pakar olahraga medis dari Centre Hospitalier Universitaire di Besancon, Prancis.


Rouillon menjelaskan bahwa seorang wanita yang tidak memakai bra dalam setahun akan terjadi kenaikan puting sekitar 7 mm dan payudara juga lebih kenyal. Gurat seperti stretch mark di bagian payudara juga agak menghilang.


Yang menyebabkan pengenduran payudara sebenarnya adalah usia, status merokok, serta berapa kali wanita hamil.


Salah satu relawan juga mengatakan, tidak menggunakan bra memberikan banyak keuntungan, mulai dari kemudahan bernapas, serta tidak mengalami sakit punggung. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya