Pernah Jadi ART Donna Harun, Kini Sosok Tuti Ayu Laela Sukses Berbisnis

Art Donna Harun Tuti Ayu
Sumber :
  • istimewa

VIVA Lifestyle – Tuti Ayu Laela, mantan asisten rumah tangga (ART) artis Donna Harun, termasuk orang yang sukses di bidang kuliner. Memulai usaha di bidang ini sejak 2014 silam, usahanya semakin berkembang dengan bertambahnya cabang hingga brand baru sampai sekarang.

ART Nekat Lompat dari Lantai 3 Rumah di Tangerang, Polisi: Diduga Korban TPPO

Tuti Ayu Laela merasa sangat berterima kasih kepada Donna Harun dan keluarga karena telah memperkenalkannya dengan sejumlah makanan 'elit' di pusat perbelanjaan ternama di Jakarta selama masih menjadi ART. Hal itu mempengaruhi cara pandangnya dalam melihat bisnis kuliner yang kini ditekuninya.

"Ibu Donna orangnya baik banget. Ada momen yang tidak pernah saya lupa ketika dibawa ke Grand Hyatt, disuruh makan apa saja, bebas. Saya makan nasi goreng yang enaknya tidak pernah saya lupa sampai sekarang," terang Tuti Ayu Laela dikutip VIVA.co.id pada Jumat, 10 Mei 2024.

Intip Pesona Artis Awet Muda di Usia 50 Tahun, Ada yang Dijuluki Nenek Cantik

Selain itu, Tuti Ayu Laela juga mengungkapkan semasa dirinya bekerja bersama Donna Harun, ia juga sempat dibawa untuk makan ke sebuah restoran di Cilandak Townsquare Jakarta Selatan. Dengan sangat baiknya, Donna Harun kembali memintanya untuk pesan makanan apa saja yang sesuai selera tanpa perlu memikirkan soal bayaran.

"Segitu baiknya ibu Donna dan keluarga, terserah kamu makan apa saja. Di situ saya banyak belajar dari ibu Donna, kita harus baik sama orang," katanya.

Momen Majikan Arab Datang ke Pernikahan ART di Jateng, Dia Ngomong Warga Bilang Amin

Dalam kurun waktu tak cukup lama menjadi asisten rumah tangga di keluarga Donna Harun karena statusnya pada saat itu hanya ART infal. Dia bisa masuk menjadi ART infal lewat sebuah yayasan.

"Mau lebaran ada lowongan kerja. Saya daftar ke yayasan, gajinya kan besar. Saya ambil momen itu jadi staf infal. Kebetulan saya ditempatkan di rumah ibu Donna Harun dan tugasnya merawat Jeje, adik dari Kakak Ricky Harun," tuturnya.

Termasuk orang yang aktif tidak bisa berdiam diri, Tuti Ayu Laela mengerjakan banyak hal selama menjadi ART di rumah Donna Harun meski di luar tugas dan tanggung jawab utamanya. Mulai dari memasak, mencuci mobil, membersihkan kolam,belanja, dan lain-lain.

Art Donna Harun Tuti Ayu

Photo :
  • istimewa

Tuti Ayu Laela bahkan punya inisiatif sendiri untuk merawat Ibu Rachmawati Soekarnoputri yang pada saat itu sedang sakit.

"Meski tak ada yang menyuruh, nenek Jeje, ibu Rachmawati Soekarnoputri sedang stroke. Saya yang mandiin, saya yang siapkan makan, saya ke pasar, saya masak. Saya orangnya nggak bisa diam," tuturnya.

Untuk makanan, ada menu yang selalu diminta untuk dimasak oleh keluarga Donna Harun selama dia bekerja di sana. Dia diminta untuk membuat masakan teri pete.

Meski usahanya semakin menonjol semenjak dirinya dikenal sebagai mantan ART Donna Harun, Tuti Ayu Laela sebenarnya telah lebih dahulu memulai perjalanan asam garam kehidupannya dengan menjadi seorang TKW di Kuwait, sampai berjualan aneka jenis makanan untuk dapat terus melanjutkan pendidikan Paket C hingga sarjana.

Setelah kini sukses dengan usaha di bidang kuliner yang beraneka ragam, Tuti Ayu Laela telah berhasil memberikan begitu banyak harapan dan inspirasi bagi sekitar 300 karyawannya yang ia boyong dari kampung halamannya.

Tuti Ayu Laela terus mengingatkan orang-orang di sekitarnya bahwa kesuksesan ialah hak milik semua orang tanpa memandang suku dan latar belakang pendidikan.

“Pokoknya dalam bekerja itu ada 4 prinsip, (yaitu) kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja Ikhlas.” Imbuh wanita kelahiran Sukabumi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya