Studi: Soda Merusak Gigi Seperti Kokain

Gigi putih.
Sumber :
  • coffeebreakconversations.com
VIVAlife -
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
Pada dasarnya gigi yang bersih, kuat, serta jauh dari lubang merupakan investasi kesehatan masa depan. Namun tak sedikit yang menyadari, hal sepele dapat menyebabkan gigi rusak bahkan berpotensi menimbulkan penyakit. Salah satunya mengkonsumsi minuman bersoda.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Bagi Anda yang menggemari minuman berkarbonasi, bahkan rutin mengkonsumsinya sebaiknya Anda mulai waspada. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi soda dengan intensitas tinggi dapat dapat menyebabkan kehancuran pada gigi.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun


Ini artinya kerusakan gigi yang muncul karena soda hampir sama dengan kerusakan gigi yang terjadi pada pengguna
meth
--obat keras seperti narkoba, bahkan lebih keras dari kokain--.


Penelitian dilakukan oleh Dr Mohamed Bassiouny, profesor kedokteran gigi restoratif dari Temple University Svhool of Dentistry, Philadelphia, pada wanita bersusia 30 tahun. Wanita itu rutin mengkonsumsi dua liter soda sehari selama hampir lima tahun. Hasil menunjukkan kalau giginya sangat retak.


Tak hanya itu, studi juga menemukan bahwa soda yang bebas gula juga dapat merusak gigi (membuat gigi berlubang dan erosi). Ini karena dalam soda tersebut mengandung asam.


"Terkait hal tersebut, dianjurkan untuk menyikat gigi dan membersihkan karang gigi. Semua dilakukan dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter. Minimal tiga bulan sekali," kata Mohammed. (sj)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya