5 Panduan Penting Bagi Pemudik Motor

Bagi Helm Gratis
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAlife - Menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta saat Hari Raya Idul Fitri seakan menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan. Demi bertemu sanak saudara di kampung halaman, orang tak segan menempuh perjalanan panjang.

Ratusan Kendaraan Listrik Siap Kawal HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Tak hanya menggunakan bus, kereta api, pesawat, atau mobil pribadi. Kini, sepeda motor menjadi alat transportasi favorit masyarakat untuk mudik. Selain lebih cepat menerobos kemacetan, mudik dengan sepeda motor dianggap lebih murah. Namun, berkendara jarak jauh dengan sepeda motor memiliki risiko tersendiri, terutama bagi kesehatan.

"Naik motor berjam-jam dapat mengakibatkan kelelahan serta masalah serius, seperti sakit pinggang, nyeri leher, nyeri punggung. Kondisi ini terjadi karena kekuatan otot atau karena peradangan pada sendi tulang belakang," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen PP dan PL), Kemenkes, dr Tjandra Yoga Aditmana di Jakarta, 2 Agustus 2013.

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

Nah, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik kali ini, ada baiknya untuk menyimak tips berikut.

- Siapkan kesehatan baik fisik dan mental. Sebaiknya periksa kesehatan terlebih dahulu sebelum perjalanan.

- Hindari membawa beban melebihi kapasitas dan gunakan helm standar keselamatan, mematuhi rambu lalu lintas dan tak menggunakan alat komunikasi selama mengemudi.

- Pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk. Selain itu hindari minuman beralkohol.

- Beristirahat setiap tiga sampai empat jam sekali. Ini dilakukan untuk menghindari rasa kantuk dan kelelahan.

- Waspada ketika mengemudi saat turun hujan atau cuaca buruk. Kemudian jaga jarak dengan kendaraan lain. (umi)

Manchester United Bisa Bantu Manchester City Juara Premier League
Toko Sepatu Bata.

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup Usai Rugi Selama 4 Tahun 

PT Sepatu Bata Tbk atau BATA resmi menutup pabriknya yang ada di Purwakarta per 30 April 2024 karena perusahaan sepatu BATA telah merugi selama empat tahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024