Virus Zika Bisa Menular Lewat Ciuman?

Ilustrasi nyamuk penyebar virus Zika.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Di tengah kekhawatiran atas peningkatan jumlah kasus Zika di Amerika Selatan, kalangan ilmuwan kini memperingatkan bahwa virus yang biasanya ditularkan nyamuk itu dapat ditularkan tidak hanya dari hubungan seks, tetapi juga oleh seks oral dan berciuman.

Thailand Umumkan Kelahiran Bayi Mikrosephalus karena Zika

Dalam sebuah surat kepada New England Journal of Medicine, ilmuwan itu merinci satu kasus seperti di Perancis. Seorang pria Perancis 46 tahun dilaporkan tinggal di Brasil, pusat Zika, dari 11 Desember 2015 sampai 9 Februari 2016 dan tanpa sadar tertular virus selama kunjungan.

Setelah itu, ia kembali ke Paris dan memiliki tujuh kali pertemuan seksual dengan pasangan wanita yang sehat berusia 24 tahun, yang terdeteksi gejala Zika pada 20 Februari 2016. Menurut surat ilmuwan, dia tidak minum obat atau menerima transfusi darah. Dia juga tidak melakukan perjalanan ke daerah yang terdampak Zika dalam beberapa bulan terakhir. 

Virus Zika, Berbahaya Tapi Bisa Dicegah

Namun, pasangan ini tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks. Pria itu ejakulasi hanya saat seks oral untuk mencegah kehamilan, demikian menurut surat tersebut.

Para ilmuwan menulis dalam surat itu bahwa mereka tidak bisa mengesampingkan kemungkinan bahwa penularan terjadi bukan melalui air mani tetapi melalui cairan biologis lainnya, seperti sekresi cairan pra-ejakulasi atau air liur ketika pertukaran melalui ciuman. 

Mikrosefalus Tidak Selalu Disebabkan Virus Zika

Mereka mencatat bahwa air liur pasangan pria diuji negatif Zika setelah ia mulai menunjukkan gejala, tapi tidak diuji sebelumnya. 

Dalam sebuah wawancara dengan The New York Times, Dr William Schaffner, ketua pengobatan dan pencegahan di Vanderbilt University Medical School, dan seorang penulis surat tersebut, mengatakan bahwa pasangan di Perancis tersebut memiliki ingatan yang tidak sempurna, meskipun sedang diwawancarai secara terpisah.

Dr John T. Brooks, seorang ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan kepada The Times bahwa mungkin Zika bisa menular dari oral seks. Tapi, Brooks yang sedang belajar penularan Zika mengatakan bahwa ia pikir tidak mungkin virus bisa menular melalui ciuman.

"Ciuman aman karena, jika tidak aman kita bisa melihat penyebaran virus Zika lebih banyak? Setiap ibu yang mencium anak bayinya akan menularkan Virus tersebut," kata Brooks kepada The Times, seperti dilansir laman Foxnews. 

Ilmuwan dalam surat tersebut mengatakan, untuk pengetahuan mereka, tidak ada kasus pasti penularan Zika oleh air liur telah dilaporkan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya