Waspada, Ini Tempat Paling Jorok dalam Pesawat

Kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat bepergian menggunakan penerbangan, kondisi di dalam pesawat selalu terlihat bersih dan tertata rapi. Tapi tahukah Anda jika di dalam pesawat ternyata tersembunyi tempat jorok dan penuh kuman. Jika Anda sering bepergian menggunakan penerbangan, sebaiknya Anda waspada terhadap tempat-tempat berikut ini.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sebuah perusahaan layanan kesehatan yang berada di Amerika Serikat, Drexel Medicine, baru-baru ini membuat sebuah ulasan dan daftar enam tempat paling dipenuhi kuman yang ada di dalam pesawat komersil. Semua tempat tersebut dikatakan jauh dari sirkulasi udara.

Menurut laman The Sun, dalam ulasan penelitian mereka, tempat paling banyak kuman yang ada di pesawat justru terletak sangat dekat dengan penumpang. Kantong di tempat duduk dan papan meja adalah dua teratas tempat yang paling dipenuhi kuman karena sering terjadi kontak setiap hari serta kurangnya pembersihan.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Drexel Medicine mencatat kalau kantong di belakang tempat duduk dapat berisi beragam benda menjijikkan termasuk muntah penumpang dan potongan kuku. Sementara papan meja digunakan untuk berbagai hal termasuk mengganti popok atau menyembunyikan permen karet.

Mungkin banyak yang terkejut kalau ternyata toilet pesawat berada di peringkat nomor tiga dalam daftar karena dianggap sering digunakan dan jarang dibersihkan saat berhenti.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Namun, para peneliti kini tengah mencari cara untuk menjaga kebersihan toilet setelah digunakan, termasuk menggunakan sinar ultraviolet agar toilet bisa membersihkan sendiri.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan penggunaan selimut pesawat karena, dalam laporan sebelumnya, pramugari seringkali membungkus kembali selimut tanpa pembersihan yang cukup dan kuman dari penggunaan sebelumnya masih menempel.

Terakhir adalah fasilitas hiburan pesawat yang menjadi pusat berkumpulnya kuman. Fasilitas hiburan ini disentuh ratusan kali setiap hari oleh ratusan orang tanpa disinfeksi di antara penerbangan. Karena itu, penumpang bisa menghindari risiko yang tidak perlu dengan memilih hiburan berupa menonton film atau program televisi.

Meski kuman tidak bisa terhindari ketika Anda menggunakan pesawat, tapi ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan sebelum menaikinya. Para ahli merekomendasikan para pengguna pesawat untuk membawa hand sanitizer dalam tas mereka, juga tisu pembersih untuk mengelap permukaan yang umum dipakai.

Sebagai tambahan, para pengguna pesawat juga bisa mempertimbangkan membawa barang-barang yang membuat mereka nyaman seperti hiburan, selimut dan bantal untuk menjaga perjalan mereka agar selalu higienis.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya