Cara Sampaikan tentang Seks pada Buah Hati

Ibu memuji anak.
Sumber :
  • pixabay/adinavoicu

VIVA.co.id – Bagi orangtua, berbicara soal seks kepada anak-anak, masih dianggap tabu. Padahal, informasi dan pendidikan tentang seks penting untuk disampaikan. Selain agar anak memahami sisi biologisnya, pendidikan seks juga dapat membantu anak untuk berhati-hati dan menghindari kejahatan seksual anak.

Squirting: Mitos, Fakta, dan Kebenaran di Balik Fenomena Seksual Wanita

Meski demikian, tidak sedikit pula orangtua yang memahami pentingnya pengetahuan seks pada anak, namun masih merasa bingung bagaimana cara menyampaikannya.

Bagi orangtua yang kesulitan menyampaikan perihal seks pada anak, ternyata bisa meminta bantuan pada spesialis anak.  Karena, para spesialis anak ini bisa membantu para orangtua mengedukasi detail mengenai seks pada anak.

Terpopuler: Kisah Petugas Haji Melayani Tamu-tamu Allah, Pentingnya Pendidikan Seks Anak

Hal tersebut disarankan oleh American Academy of Pediatrics yang menyebutkan bahwa spesialisasi anak harus mengedukasi para pasiennya mengenai seks dan membantu orangtua belajar menjelaskan mengenai detail seksualitas pada anak-anaknya.

Dilansir dari laman Huffingtonpost Rabu, 20 Juli 2016, peran spesialis anak tersebut bisa menjadi sumber informasi yang terpercaya, sehingga anak-anak bisa lebih memahami lebih detail akan hal yang dianggap tabu tersebut.

Pentingnya Pendidikan Seksual untuk Anak, Kapan Usia yang Tepat?

Rekomendasi ini ternyata disarankan karena menyadari bahwa cara ini efektif mengurangi risiko kehamilan di usia remaja dan terkena penyakit menular seksual.

"Para peneliti sudah mendemonstrasikan bahwa program ini efektif untuk menurunkan sikap seksualitas pada anak hingga nanti mereka menikah dengan pasangannya," ujar Dr. Cora Collette Breuner, pemimpin penelitian juga seorang profesor spesialisasi anak di University of Washington School of Medicine.

Lebih lanjut, informasi mengenai isu lain yang berhubungan dengan seks juga harus ada diobrolan dengan si kecil. Isu tersebut mencakup kesehatan perkembangan seksual, hubungan intim dan kedekatan dengan seseorang, kasih sayang, dan bentuh tubuh.

"Anak dan remaja sudah seharusnya dibantu dengan ragam pertanyaannya mengenai tubuh dan kesehatan seksual mereka. Spesialisasi anak bisa menjadi peran pemberi informasi itu," ujar Dr. Cora.

Untuk itu, edukasi seks merupakan isu yang sangat penting untuk anak dan orangtuanya. Karena,dengan hal tersebut maka kedekatan orangtua dan anak bisa semakin terjalin dan menghindari anak mengalami kehamilan di usia remaja.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya