Bahaya Penggunaan Cotton Bud untuk Bersihkan Telinga

Cotton bud
Sumber :
VIVA.co.id
Telinga Berdenging? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
-
Cotton bud
Telinga Berdenging Pertanda Digosipkan atau Gejala Penyakit?
adalah benda yang dimiliki hampir setiap orang di rumah. Cotton bud
Jangan Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud
, atau q-tips
, atau alat pembersih telinga ini umumnya digunakan untuk mengeluarkan kotoran di dalam telinga.


Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya menggunakan 
cotton bud
untuk membersihkan telinga adalah kebiasaan yang tidak baik dan membahayakan.


Itu karena, orang yang membersihkan telinga menggunakan
cotton bud
pasti akan memasukkannya ke dalam saluran telinga. Padahal, ini sangat berbahaya, karena dapat mendorong kotoran telinga lebih jauh masuk ke dalam saluran tersebut, sehingga semakin mendekati gendang telinga.


Apapun benda yang menempel dengan gendang telinga akan membuatnya tidak dapat bergetar secara efektif. Ini pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pendengaran.


Perlu diketahui bahwa kotoran telinga sebenarnya bermanfaat bagi Anda dan bukanlah sesuatu yang kotor. Kotoran telinga berfungsi sebagai alat pelindung telinga dari serangga. Tak hanya itu, kotoran telinga juga bermanfaat sebagai pelumas di saluran telinga yang mampu mencegah rasa gatal.


Keasaman kotoran telinga juga berfungsi mencegah jamur di telinga Anda. Begitu pula dengan bulu-bulu halus, debu dan sel-sel kulit mati seluruhnya terperangkap dan menempel pada kotoran telinga, kemudian dikeluarkan saat Anda menguap dan mengunyah. Demikian dilansir dari
Tech Insider
.


Lalu, bagaimana cara membersihkan kotoran telinga?


Menurut para ahli, Anda tidak perlu repot-tepot membersihkannya. Kotoran telinga hanya boleh dibersihkan oleh dokter. Itu pun hanya jika kotoran telinga Anda sudah menumpuk.


Jadi, peraturan yang harus Anda taati adalah, jangan memasukkan benda-benda yang ukurannya lebih kecil daripada siku tangan ke dalam telinga Anda. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya