Tujuh Cara Makan Ini Efektif Turunkan Berat Badan

Makan bersama keluarga.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Kelebihan berat badan atau angka berat badan yang tidak diinginkan tidak hanya disebabkan oleh apa yang Anda makan. Tetapi juga dipengaruhi oleh bagaimana cara makan, dan peralatan makan yang digunakan. 

Cara Turunkan Berat Badan dan Ratakan Perut dengan Jahe

Oleh karena itu, mengubah cara makan yang selama ini tidak benar bisa jadi alternatif lain, selain diet untuk mengurangi bera badan. Berikut beberapa di antaranya dilansir laman Besthealthmag.ca:

Perbanyak waktu makan

Dengan Cara Ini, Anda Bisa Turunkan 4 Kg dalam Seminggu

Jika hanya memberi waktu yang singkat untuk makan, Anda cenderung menelan makanan dengan cepat. Oleh karenanya, tubuh tidak mendapat sinyal kapan Anda harus berhenti makan alias kenyang. Setidaknya buat jadwal 30 menit untuk makan sehingga Anda dapat menikmati makanan dengan tenang, dan mengunyah dengan baik keseluruhan makanan. Cara ini juga akan menghindari Anda dari makan berlebih.

Letakkan peralatan makan saat mengunyah

Minum Ini Sebelum Tidur, Turunkan Berat Badan dalam 5 Hari

Salah satu cara terbaik untuk memproses makan di mulut adalah dengan meletakkan peralatan makan saat mengunyah. Jangan sentuh peralatan makan saat mengunyah, ambil lagi setelah semua makanan di dalam mulut habis.

Fokus

Meskipun tengah menikmati sarapan atau makan siang bersama teman dan keluarga, tetap fokus pada proses makan Anda. Nikmati setiap suapan sembari berinteraksi dengan mereka.

Mendengarkan musik

Alunan musik yang lembut dapat membuat makan menjadi lebih santai. Musik dapat membuat Anda rileks, mengurangi stres dan mengurangi kecenderungan makan terburu-buru.

Perbanyak mengunyah

Dengan mengunyah lebih lama, Anda tidak hanya memperlambat proses makan, tetapi dengan ini aroma dan cita rasa makanan akan lebih terasa. Tak hanya itu, dengan cara ini kecenderungan untuk mengonsumsi gula, garam dan perisa lain menjadi berkurang. Brian Wansink, Ph.D dari Food and Brand Lab Cornell University mengatakan bahwa mereka dengan berat badan normal mengunyah makanan rata-rata 15 kali, sedangkan mereka dengan kelebihan berat badan mengunyah sebanyak 12 kali dalam satu suapan.

Gunakan wadah kecil

Menurut Wansink, Anda dapat mengurangi kadar kalori hingga 20 persen dan mengurangi berat badan hingga 2 pounds dalam satu bulan dengan menggunakan wadah berukuran kecil (sekitar 10 inchi). 

Gunakan sendok kecil

Anda tetap bisa menikmati makan kesukaan Anda saat diet. Partisipan dalam penelitian yang dilakukan oleh Wansink, mengonsumsi 14,5 persen lebih sedikit es krim menggunakan sendok kecil ketimbang mereka yang menggunakan sendok yang lebih besar. Jika sendok kecil ini dipadukan dengan wadah yang lebih kecil, mereka mengonsumsi es krim 57 persen lebih sedikit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya