Benci Suara Kunyahan? Pertanda Anda Orang Pintar

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pixabay/ rawpixel

VIVA.co.id – Kabar baik untuk Anda yang benci suara kunyahan. Ternyata, hal ini menandakan Anda adalah seseorang yang sangat pintar.

Komputer yang Mirip Otak Manusia Siap Dinyalakan

Dilansir dari laman Reader's Digest, rasa terganggu saat mendengar suara desahan napas yang begitu besar dan kunyahan yang begitu berisik, bukan hal aneh. Menurut peneliti, jika hal itu menimbulkan rasa terganggu berlebihan, Anda salah satu yang termasuk misophonia.

"Kebencian pada suara mengunyah, klik pada pulpen, hingga suara napas besar, merupakan suatu fungsi abnormal pada otak. Ditambah, itu adalah suatu kebiasaan aneh yang menunjukkan Anda lebih pintar dibanding orang lain," ujar peneliti.

Ilmuwan Bingung, Memori Manusia Berasal dari Virus Kuno

Penelitian terbaru dalam jurnal Current Biology melakukan scan MRI pada otak mereka yang memiliki misophonia dan tidak. Peneliti memasang berbagai suara mulai dari suara tetesan hujan, tangisan bayi hingga suara mengunyah.

Hasilnya, peneliti menemukan perubahan yang signifikan pada otak misophonia saat mendengar suara trigger seperti suara mengunyah. Tampak adanya perubahan pada bagian otak depan yang bereaksi terhadap suara tersebut. Di mana, fungsi otak depan yakni menghasilkan keringat dan meningkatkan detak jantung.

Penyebab Otak Terasa Ngilu Saat Makan Es Krim

"Untuk mereka pengidap misophonia, penelitian ini mampu menjelaskan reaksi tubuh mereka terhadap suara kunyahan," ujar profesor Tim Griffiths. (one)

Ilustrasi makan.

Kecepatan Mengunyah Makanan Dapat Pengaruhi Berat Badan

Rupanya kecepatan mengunyah makan dapat mempengaruhi berat badan. Bagaimana hal itu terjadi? Simak artikel ini selengkapnya.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2021