Menonton TV Lama Bisa Bikin Darah Beku

Ilustrasi menonton tv
Sumber :
  • Pixabay/Pavlofox

VIVA – Bagi yang gemar menonton televisi seharian, hati-hati. Anda mungkin memiliki dua kali risiko mengembangkan penyakit darah beku.

Takut Anak Nonton di Luar Usianya? Tenang, 6 Tips Pilih Tontonan Aman Ini Bisa Bantu Anda

Temuan menunjukkan bahwa risiko penggumpalan darah di pembuluh darah kaki, lengan, panggul dan paru-paru. Kondisi ini dikenal sebagai tromboemboli vena atau VTE meningkat sesuai jumlah waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi. Bahkan jika orang tersebut mendapatkan jumlah aktivitas fisik yang disarankan.

"Menonton TV itu sendiri tidak mungkin buruk, tapi kita cenderung untuk ngemil dan duduk diam untuk waktu yang lama sambil menonton," kata Mary Cushman, profesor di University of Vermont di Burlington.

Viral Atap Rumah Roboh saat Santai di Ruang Tamu

Untuk penelitian ini, tim peneliti meneliti 15.158 peserta usia paruh baya (45-64 tahun). Mereka yang sering menonton TV memiliki risiko 1,7 kali lebih tinggi untuk mengembangkan pembekuan darah, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang menonton TV. 

"Pikirkan bagaimana Anda bisa memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin untuk menjalani kehidupan yang lebih penuh dan lebih sehat. Anda bisa memasang treadmill atau sepeda stasioner di depan TV Anda, dan bergerak sambil menonton," kata Cushman. 

Studi: Menonton TV Terlalu Banyak Meningkatkan Kematian Lebih Cepat

Hasil penelitian ini dipresentasikan pada American Scientific Sessions 2017 di California. Penelitian sebelumnya berkaitan dengan penayangan TV yang berkepanjangan dengan penyakit jantung yang melibatkan arteri yang tersumbat.

Meskipun tromboemboli vena lebih sering terjadi pada orang berusia 60 tahun, dan lebih tua, hal ini juga dapat terjadi pada usia berapa pun.

Selain menghindari menonton TV yang berkepanjangan, seseorang juga dapat menurunkan risiko tromboemboli vena dengan mempertahankan berat badan yang sehat, dan tetap aktif secara fisik. Demikian saran para peneliti. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya