Ragam Sumber Gizi yang Wajib Dikonsumsi Remaja Putri

Ilustrasi yoghurt
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA.co.id – Gadis di usia remaja, seringkali menghindari makanan tertentu agar memiliki bentuk tubuh yang ideal. Namun, sebenarnya tubuh remaja putri sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Ikuti beberapa trik pemilihan makanan ini untuk anak gadis Anda.

Daftar Makanan Sehat untuk Kecantikan Kulit

Dilansir dari laman Only My Health, remaja putri sudah seharusnya memiliki perencanaan makan mulai dari sarapan, makan siang, makan malam hingga camilan.

Sarapan adalah yang paling penting untuk semua orang, tidak terkecuali remaja putri. Hal ini penting dilakukan saat tubuh telah berpuasa semalaman. Sarapan untuk remaja putri harus mengandung protein, lemak baik, dan karbohidrat. Kombinasi yang bisa menjadi pilihan misalnya gandum, buah, dan sayuran yang kaya serat. Selain itu, vitamin D dan kalsium juga penting untuk masa tulang yang kuat.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Saat makan siang, kombinasi yang ideal bisa berasal dari roti gandum, tahu dan sayuran. Selain itu nutrisi lainnya bisa berasal dari kacang almond, kismis dan yoghurt rendah lemak.

Sementara itu, jenis makanan yang harus dihindari yakni kentang goreng, nugget, nachos, dan pizza. Mengonsumsi makanan cepat saja secara reguler dapat membuat bobot tubuh bertambah.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Tidak kalah penting yaitu makan malam, karena sehabis melakukan aktivitas seharian, tubuh membutuhkan nutrisi penyeimbang. Pilih nasi merah, pasta dan tahu untuk sumber protein, dan sayuran seperti kacang serta bayam. Sayuran tersebut mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh remaja agar terhindar dari kekurangan zat besi saat menstruasi.

Jadi, selalu siapkan makanan yang bergizi tinggi untuk remaja putri Anda agar tubuhnya berkembang dan tumbuh dengan baik.

Nasi

Jangan Buang Nasi Sisa di Rumah, Ini Manfaat Kesehatannya

Nasi sisa ternyata memiliki banyak manfaat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2016