Burger Daging Tikus jadi Santapan Favorit di Moskow

Ilustrasi burger
Sumber :
  • Pixabay/icanders

VIVA.co.id – Ada satu tren makanan yang tengah digemari masyarakat ibu kota Rusia, yakni menikmati daging hewan pengerat lembut yang dijepit di antara dua roti nan empuk.

Putin Telepon Presiden Iran Wanti-wanti Dampak Memanasnya Konflik Timur Tengah

Ya, Anda tidak salah membaca. Daging hewan pengerat atau tikus kini disajikan di berbagai rumah makan di Moskow, demikian dilansir laman Strait Times.

Salah seorang juru masak pemilik restoran bernama Krasnodar Bistro, Chef Takhir Kholikberdiev, mendapatkan banyak sambutan luar biasa karena menu buatannya yaitu burger nutria.

Bendungan Sungai Runtuh, Rusia Dilanda Banjir Besar hingga Merugi Rp 3,5 Triliun

Nutria sendiri merupakan sejenis tikus yang hidup di wilayah sungai. Hewan ini digambarkan sebagai hewan pengerat raksasa dengan gigi oranye.

Hewan ini diketahui berkembang biak dengan amat sangat cepat, membuatnya mudah diternakkan. Hewan herbivora yang juga dikenal dengan nama coypu ini ditemukan di wilayah Rusia selatan. Bulu mereka biasa dijadikan bahan pengganti murah untuk mantel bulu rubah dan cerpelai.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Meski terdengar menjijikkan, tapi Kholikberdiev mengatakan kalau nutria adalah hewan yang sangat bersih. Mereka akan membersihkan makanannya sebelum dikonsumsi. Selain itu, daging hewan ini juga kaya kandungan asam lemak omega -3.

Di Krasnodar Bistro, daging nutria dalam burger dihargai 550 ruble atau sekitar Rp115 ribu. Daging ini digambarkan memiliki rasa yang hambar, tapi tekstur empuk dan cita rasanya mirip antara daging kalkun dan babi.

Rahasia kenikmatan daging ini adalah proses pengolahannya yang sangat mudah. Kholikberdiev mengatakan, daging ini akan tetap empuk tak peduli berapa lama Anda memasaknya.

Selain burger, nutria juga diolah menjadi hotdog, bakpau, dan dibungkus dalam daun kubis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya