Mengungkap Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Ilustrasi Air Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA.co.id –Tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa makanan dan minuman, jahe, juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah penyakit ringan.

Waktu Minum Air Jahe yang Tepat Waktu Musim Hujan dan Manfaatnya

Salah satu cara memanfaatkan jahe adalah dengan merebus potongan jahe ditambah 1-2 liter air. Setelah direbus selama 20 menit, air jahe, siap dikonsumsi. Berikut beberapa penyakit ringan yang bisa diatasi dengan air jahe dilansir laman Boldsky.

Pilek atau sakit kepala

Haluskan Jahe, Bawang Putih dan Kunyit Lalu Seduh Bikin Virus Kabur

Siapkan satu wadah besar air jahe hangat lalu tambahkan beberapa tetes cuka ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan 1 sendok teh garam dan aduk rata. Rendam kaki selama 15 menit di dalamnya. Lakukan dua kali sehari untuk meredakan sakit kepala akibat pilek.

Migrain

Khasiat Jahe Merah, Tingkatkan Imunitas Hingga Pereda Nyeri

Jika menderita sakit kepala sebelah atau migrain, Anda bisa rendam kedua tangan Anda pada wadah berisi air jahe hangat selama 20 menit. Di beberapa belahan dunia, masih banyak yang mengikuti ritual kuno ini.

Membersihkan kaki

Menjaga kaki dari bakteri bisa mengurangi bau kaki. Kaki yang bersih membuat Anda tetap sehat. Rendam kaki Anda dalam wadah berisi air jahe hangat yang sudah ditambahkan beberapa tetes cuka.

Kebersihan mulut

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu berkumur dengan air jahe beberapa saat. Lakukan cara ini selama beberapa hari. Selain bersih, radang pada gusi juga ampuh diatasi dengan cara ini.

Mabuk

Tambahkan beberapa tetes madu pada segelas air jahe hangat. Minuman ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan rasa mabuk perlahan akan hilang.

Sirkulasi darah

Minum secangkir air jahe setiap pagi dipercaya mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya