Berburu Makanan Khas Indonesia di Kampung Layang-layang

Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2017
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan

VIVA.co.id – Layang-layang merupakan salah satu permainan tradisional di seluruh Indonesia. Meskipun tidak diketahui bagaimana awal mulanya, namun layang-layang ini dipercaya sebagai salah satu permainan tertua.

Jakarta Fashion and Food Festival Digelar untuk Ke-16 Kalinya

Untuk melestarikan permainan ini agar tetap dikenal generasi sekarang, sekaligus mengenalkan kekayaan kuliner Nusantara, acara Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) tahun ini dilakukan di Kampung Tempo Doeloe (KTD) dan mengangkat tema dekorasi Kampung Layang-layang.

"Setiap tahun JFFF semakin memberikan suguhan menarik bagi pecinta mode dan kuliner. Penyelenggaraan JFFF bertujuan menjadi jendela yang menampilkan kekayaan ragam budaya Indonesia, sehingga produk-produk dalam negeri tidak hanya dikenal dalam skala nasional tapi juga semakin diakui dunia internasional," kata Soegianto Nagaria, Chairman JFFF, di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Penghargaan Fashion Icon Awards Jadi Puncak JFFF 2018

Digelar mulai 7 April hingga 7 Mei 2017 pada senin sampai kamis pukul 16.00 - 22.00, pengunjung akan dimanjakan, tidak hanya oleh interior khas kampung layang-layang, tapi juga ratusan kuliner Nusantara.

Di antara kuliner yang rajin hadir tiap tahunnya, kali ini ada yang spesial, karena para pemenang Kompetisi Mie Warisan Nusantara turut hadir untuk memperebutkan kesempatan membuka usaha di Mal Kelapa Gading (MKG) yang ditentukan berdasar penjualan tertinggi.

Jakarta Fashion and Food Festival 2017, Ada Apa Saja?

Mereka adalah Cwie Mie Malang, dan Mie Ayam Pelangi, yaitu mie dengan tiga warna, merah dari bit, hijau dari sawi, dan kuning dari wortel, sementara untuk kategori mie non halal adalah Cliff Noodle bar.

Selain itu, pengunjung bisa puas memanjakan lidahnya dengan makanan-makanan pilihan lainnya yang tentunya khas dari Nusantara. Dengan sekitar 50 persen menu baru, sayang untuk melewatkan festival kuliner yang setiap tahunnya digelar di La Piazza, Kelapa Gading ini.

Beberapa menu spesial seperti Bakso Goreng Gajah, yaitu bakso berukuran besar yang digoreng kemudian dibumbui dengan saus, citarasa bakso ini cocok dinikmati saat hujan bahkan panas, tekstur lembut di dalam namun garing diluar dari bakso membuat siapapun ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Selain itu juga Bakso gledek, bakso dengan isi cabai di bagian dalamnya, atau penasaran dengan sate Taichan yang sedang hits itu namun belum sempat mencicip, bisa juga didapatkan di sini.

Suka yang berkuah, tenang saja karena di sini bisa dipilih beragam jenis soto, dari soto udang Medan, Soto Roxy H.Darwasa, juga ada Sate Klatak, Sate Maranggi, sate Ayam Madura Bintang 5.

Dan bagi penyuka Wine, seperti tahun-tahun sebelumnya, Wine & Cheese Expo kembali digelar tahun ini, mulai 14 April hingga 7 Mei di Multi Purpose Hall, La Piazza. Di sini tak hanya bisa ditemukan beragam produk wine, tapi juga keju, coklat, buah, pasta, hingga yogurt. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya